Korlantas Polri Libatkan Mahasiswa Tekan Angka Kecelakaan | Redaksi Sumbar

Korlantas Polri Libatkan Mahasiswa Tekan Angka Kecelakaan

Korlantas Polri Libatkan Mahasiswa Tekan Angka Kecelakaan Dibaca : 43 Kali
Bagikan:




BUKITTINGGI, RedaksiSumbar.com – Meninjak lanjuti tingginya angka kecelakaan yang terjadi setiap harinya di Indonesia, Korlantas Polri mengelar seminar Police Goes To Campus dengan melibatkan beberapa perguruan tinggi yang ada di Sumatera Barat, Rabu (10/5/2017) di auditorium perpustakaan bung hatta Bukittinggi.

Setidaknya pada kegiatan seminar tersebut diikuti 500 peserta yang terdiri dari mahasiswa Stikes Yarsi, Stikes Fordekock, IAIN, UNP, IPDN, AMIK, STIE dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Keterlibatan mahasiswa pada seminar Police Goes To Campus tersebut bisa menjadi perpanjangan tangan pihak kepolisian untuk menyampaikan keselamatan ketika berkendaraan di jalan karena kebanyakan pengendara masih mengabaikan keselamatan pada saat berkendara dan tidak mematuhi aturan belalu lintas.

Direktur Kemananan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Polisi Chryshnanda Dwilaksana yang hadir pada kegiatan Seminar tersebut mengatakan selain pihak kepolisian dan pemerintah mahasiswa juga bisa di jadikan perpanjangan tangan untuk mengatasi permasalahan yang ada dengan saling sharing karena pada umumnya kecelakaan terjadi pada kalangan remaja.

“Dalam agenda ini Polisi ingin berperan serta dalam meningkatkan keselamatan pengendara di jalan raya, membangun budaya tertib berlalu lintas, serta memberi contoh bagi pengendara di Sumatera Barat khususnya di Bukittinggi,” ulasnya.

Berdasarkan data dari Korlantas Polri ujar Chryshnanda Dwilaksana, data kecelakaan di seluruh wilayah Indonesia, 60 hingga 80 orang tercatat meninggal setiap harinya, dan di wilayah Sumatera Barat termasuk di Bukittinggi 1,4 orang meninggal setiap hari, disamping masih banyak korban lain yang mengalami luka berat dan ringan.

“Dengan adanya sosialisasi Police Goes to Kampus dan Safety Riding yang disampaikan pada mahasiswa dan klub motor ini, Korlantas Polri menargetkan pelanggaran dan angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Bukittinggi dapat turun, karena disamping peran Polisi, yang terpenting adalah kesadaran masyarakat sebagai pengguna jalan, yang siap secara fisik, kendaraan yang dipakai, serta mematuhi aturan berlalu lintas,” jelasnya.

Baca Juga :  Enam Wanita Malam Diamankan Di Bukittinggi

Menurut Chryshnanda Dwilaksana, lalu lintas merupakan cermin budaya bangsa, dan Kota Bukittinggi sebagai destinasi wisata, hendaknya masyarakatnya juga ramah dalam berlalu lintas, sehingga dapat berpartisipasi dalam program Korlantas Polri dalam hal mewujudkan tahun keselamatan untuk kemanusiaan.

“Seluruh masyarakat sebagai pengguna jalan hendaknya peka dan peduli dalam berkendara di jalan raya, menjaga keselamatan diri dan orang lain, sehingga pelanggaran lalu lintas menjadi minim, serta angka kecelakaan juga akan berkurang, karena setiap kecelakaan diakibatkan dari adanya pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Wali Kota Bukittinggi, Irwandi menjelaskan, Bukittinggi sebagai daerah tujuan wisata di Sumatera Barat, juga memiliki sedikit masalah dalam hal berlalu lintas, diantaranya kemacetan, dan minimnya lokasi parkir pada hari libur, karena meningkatknya jumlah kunjungan wisatawan, sehingga tidak sebanding dengan lokasi parkir seperti hari biasanya.

“Namun Pemerintah Kota Bukittinggi terus berkomitmen untuk meningkatkan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas, melalui kerjasama dengan Polres Bukittinggi dan Dinas Perhubungan sebagai leading sektor Organisasi Perangkat Daerah, sehingga secara bertahap permasalahan kemacetan dapat diantisipasi, sehingga menimbulkan kenyamanan pada masyarakat dan pengunjung,” jelasnya.

Irwandi menambahkan, penataan parkir sudah dilakukan Pemko Bukittinggi secara maksimal, dan sejauh ini sudah dapat meminimalkan masalah perparkiran yang selama ini menjadi keluhan masyarakat dan pengunjung, termasuk dalam hal pengaturan arus lalu lintas, Polres Bukittinggi juga menjalankan tugasnya secara maksimal.

“Melalui seminar Police Goes to Kampus dan Safety Riding ini, Pemko Bukittinggi berharap mahasiswa dan klub motor dapat menularkan pelajaran yang didapat pada keluarga dan masyarakat lain, sehingga tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas menjadi tinggi, yang juga akan mengurangi tingkat kecelakaan,” ujarnya.

Baca Juga :  Sesosok Mayat Ditemukan Dilantai Dasar Gedung Parkir Bukittinggi

Rangkaian seminar Police Goes to Kampus dan Safety Riding ini, Korlantas juga memparktekkan bagaimana berkendara yang baik, mulai dari kesiapan fisik, kendaraan yang dipakai, aturan yang wajib dipatuhi, serta mengenal kondisi lalu lintas secara utuh, peserta juga diberikan helm sebagai safety di jalan raya.

Safety Riding diikuti 330 peserta dari beberapa klub motor dari Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kabupaten Pasaman. [DebiKurnia]

Bagikan:
Tags: ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close