Kota Solok Diguncang Gempa Berkekuatan 3,2 SR

Kota Solok Diguncang Gempa Berkekuatan 3,2 SR
Lokasi titik gempa berkuatan 3,2 SR yang mengguncang Kota Solok, Sumbar. (Sumber : BMKG)
Bagikan:




SOLOK, RedaksiSumbar.com – Di awal tahun 2018, Kota Solok, Sumatera Barat diguncang gempa berkekuatan 3,2 skala richter (SR) pada Jumat (5/1/2018) malam sekitar pukul 20.21 WIB.

Informasi yang berhasil dihimpun, gempa di Kota Solok berada di sekitar 64 kilometer Barat Daya, Kota Solok, Sumatera Barat dengan kedalaman 33 kilometer.

Salah seorang warga setempat, Suci (24) mengatakan bahwa dirinya tidak merasakan gempa bumi yang berpusat di kota kelahirannya tersebut. Dia bahkan baru mengetahui setelah informasi gempa bumi dari pesan berantai melalui aplikasi Whatsapp Messenger.

“Saya juga kaget, ternyata pusat gempanya di Kota Solok. Namun, kami tidak panik dan tetap waspada akan bencana tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Padang Panjang, Rahmat Triyono mengatakan bahwa masyarakat diminta untuk tidak panik dalam menghadapi gempa bumi yang berkuatan 3,2 skala richter tersebut.

“Namun jangan panik saja tidak cukup tanpa adanya pemahaman masyarakat mengenai mitigasi bencana dan apa yang harus mereka lakukan ketika bencana melanda, terutama gempa bumi yang tidak bisa diprediksi kapan datangnya,” ujar Edi.

Selama ini, sebutnya sudah banyak sosialisasi dan pemberitahuan kepada masyarakat oleh instansi terkait mengenai potensi bencana dan penanganannya serta antisipasi di berbagai kegiatan.

“Saya rasa masyarakat kita sudah cerdas dalam menghadapi bencana alam, terutama gempa bumi. Namun, kita berharap ke depannya seluruh masyarakat lebih sadar dan berperan aktif dalam mitigasi bencana,” tuturnya.

Meskipun tidak terlalu kencang, masyarakat diminta untuk selalu waspada akan bencana gempa bumi yang datang kapan saja. Pasalnya, peristiwa tersebut tidak pernah diprediksi datangnya. [Red]

 




Bagikan:
Topik: , ,
Loading...