KPU RI : Baru 10 Parpol Diterima Pendaftaran Dan Miliki Tanda Terima

KPU RI : Baru 10 Parpol Diterima Pendaftaran Dan Miliki Tanda Terima
Kantor KPU RI di Jakarta Pusat. (Net)
Bagikan:

JAKARTA, RedaksiSumbar.com – Komisioner Komisi Pemlihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Hasyim Asy’ari mengatakan, dari 27 Partai Politik (Parpol) yang dinyatakan menjadi peserta Pemilu 2019, masih ada 17 parpol yang berstatus pengecekan kelengkapan dokumen pendaftarannya oleh KPU RI. “Ada 17 partai politik (parpol) yang sudah daftar tapi masih dalam pemeriksaan kelengkapan dokumen,” ujar Hasyim di kantor KPU RI, Jakarta Pusat.

Melihat perkembangan tersebut, sebut Hasyim lagi, pihaknya memberikan satu hari tambahan pada hari ini, Selasa (17/10/2017) untuk melakukan pemeriksaan dokumen parpol sebagai kelengkapan dokumen syarat pendaftaran hingga malam ini pukul 24.00 WIB. “KPU mengambil kebijakan, yang sudah daftar dan situasinya dalam proses pemeriksaan kelengkapan dokumen, kita lanjutkan. Begitupun untuk tingkat KPUD Provinsi dan Kabupaten/Kota,” sebutnya.

Hasyim menjelaskan bahwa KPU RI hanya memberikan perpanjangan waktu untuk pemeriksaan kelengkapan dokumen partai peserta pesta demokrasi 2019 tersebut. “Pertimbangannya untuk status parpol sudah daftar, berkas diperiksa, diteliti. Maka kemudian ini dilanjutkan. Jadi tidak ada perpanjangan waktu untuk pendaftaran,” tutur Hasyim.

Pendaftaran partai politik di KPU sendiri dibuka selama 14 hari sejak tanggal 3 Oktober 2017 lalu hingga Senin (16/10/2017) kemarin. Selama rentang waktu tersebut, terdapat 27 parpol yang mendaftar di KPU, diantaranya, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Berkarya, Partai Republik, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Kemudian Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Bhinneka Indonesia, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Rakyat, Partai Demokrat, Partai Pemersatu Bangsa, Partai Islam Damai Aman (Idaman), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Indonesia Kerja (PIKA), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Suara Rakyat Indonesia (Parsindo), Partai NasionaI Indonesia (PNI) Marhaenis, Partai Reformasi dan Partai Republik Nusantara (Republikan).

Dari jumlah tersebut, baru 10 partai politik yang sudah diterima pendaftarannya dan diberi tanda terima. [Red]

 

Sumber : Kompas.com

Bagikan:
Tags: , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan