Lakukan Pendinginan, Petugas Gabungan Antisipasi Api Susulan di Lahan Gambut

Lakukan Pendinginan, Petugas Gabungan Antisipasi Api Susulan di Lahan Gambut
Petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan di lahan gambut, Pasaman Barat, Sumatera Barat. (IST)
Bagikan:

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Lebih kurang empat hektar lahan perkebunan kelapa sawit milik masyarakat ludes dilalap ‘si jago merah’, Rabu (25/10/2017). Diduga, lahan yang terbakar tersebut berstatus lahan gambut.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kecamatan Lembah Melintang, Muharnas, kebakaran tersebut terjadi di lahan perkebunan sawit masyarakat Dusun Pondok Sapek, Jorong Batang Gunung, Nagari Persiapan Koto Gunung, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

“Setelah mendapatkan laporan, tim Damkar langsung dikerahkan ke wilayah kebakaran. Terutama, untuk mengantisipasi api melebar sampai ke pemukiman masyarakat. Karena, mobil Damkar hanya bisa masuk di jalan umum,” katanya.

Disebutkannya, api yang sempat membesar sudah berhasil dipadamkan secara bersama pada sore harinya. Petugas pemadam sendiri dibantu dari unsur Polri, TNI, Relawan dan masyarakat setempat.

“Tim masih masih ada yang melakukan pendinginan di lokasi kejadian. Sehingga, api dapat dipastikan mati total,” sebutnya.

Baca : Taman Hutan Raya Bung Hatta Terbakar

Kepala Satpol PP dan Damkar Pasaman Barat, Edi Murdani, membenarkan kebakaran itu ada. Namun, berapa luas lahan yang terbakar, dirinya belum bisa memastikannya.

“Penyebab kebakaran belum bisa dipastikan. Untuk antisipasi, anggota masih melakukan pengawasan di lokasi kebakaran. Walaupun, api tidak ada lagi kelihatan,” jelasnya. [Red]

Bagikan:
Tags: , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan