LBH Pers : Juliet PUB Penuhi Pasal Menghalang-Halangi Wartawan | Redaksi Sumbar

LBH Pers : Juliet PUB Penuhi Pasal Menghalang-Halangi Wartawan

LBH Pers : Juliet PUB Penuhi Pasal Menghalang-Halangi Wartawan
Foto - Roni Syaputra, Direktur LBH Pers Padang
Dibaca : 162 Kali
Bagikan:

PADANG, RedaksiSumbar.com – Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers Padang, Sumatera Barat Roni Syaputra mengatakan Juliet PUB penuhi pasal menghalang-halangi wartawan dalam peliputan berita.

“Sesuai laporan pihak Juliet PUB telah menghalangi bahkan mengintimidasi wartawan saat melakukan peliputan,” kata Roni usai gelar perkara Selasa (2/5/2017).

Menurutnya, penyidik telah menjelaskan tahapan yg sudah dilakukan dan memenuhi pasal yg dilaporkan itu 335 jo pasal 18(1).

Kendati terang Roni, pihak juliet membantah menghalang-halangi, dan tidak ada melakukan pengancaman. Namun mengakui mengambil tongkat, tetapi tidak digunakan untuk mengancam, lalu mereka menyebutkan “wartawan silahkan masuk, tetapi kamera tidak boleh”.

“Terkait dengan hal itu, saya jelaskan apa yang dimaksud pasal 18(1). Bahwa wartawan tidak boleh dihalang-halangi untuk mencari, memperoleh, dan menyiarkan informasi ke publik,” katanya.

Apa yang dilakukan oleh pihak Juliet PUB kata Roni, jelas sudah memenuhi unsur menghalang-halangi. Karena wartawan tidak bisa mendapatkan informasi dan tidak bisa menyiarkan informasi ke publik terkait proses razia di Juliet PUB.

“Aturan juliet yang melarang membawa kamera hanya berlaku untuk pengunjung. Tetapi tidak berlaku ketika wartawan melakukan peliputan. Artinya, unsur sengaja dan melawan hukumpun terpenuhi,” jelasnya.

sesuai dengan konstruksi hukum, bahwa pasal 18(1) terpenuhi.

Lebih lanjut Roni menyarankan ke Polisi untuk memanggil dewan pers dan dimintakan keterangan sebagai ahli. Hal ini lakukan, Polisi bisa lebih dalam bisa memahami tugas pokok kewartawanan.

“Diakhir gelar, saya serahkan buku saku wartawan dari LPDS sebagai acuan beberapa putusan terkait kasus wartawan,” kata dia. [Red]

Bagikan:
Baca Juga :  Kumpul-Kumpul Bareng Teman Hingga Larut Malam, Dua Remaja Putri di Alai Ditangkap Satpol PP Padang
Tags: , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close