Lebih Tradisional, Festifal Marandang Bukittingi Akan Bergaya Tempo Duloe | Redaksi Sumbar

Lebih Tradisional, Festifal Marandang Bukittingi Akan Bergaya Tempo Duloe

Lebih Tradisional, Festifal Marandang Bukittingi Akan Bergaya Tempo Duloe
Bagikan:




Bukittinggi, RedaksiSumbar.com–Berbagai rangkaian acara akan di helat untuk menyambut Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi yang ke 232 tahun. Festival Bukittinggi Marandang menjadi salah satu rangkaian yang unik, karena festival ini akan di lakukan di pusat kota jam gadang.

Festival tersebut nantinya akan diikuti ibu-ibu dari TP-PKK dari 24 kelurahan dan Dasawisma kota Bukittinggi.

Ketua TP-PKK Bukittinggi Yessi Ramlan saat di dikonfirmasi mengungkapkan sangat antusias dengan festival ini, dimana nantinya semua mata akan tertuju pada saat proses marandang tersebut, kerja sama tim yang solid tentunya akan menghasilkan randang yang berkualitas.

“Kegiatan ini nantinya akan di gelar pada tanggal 24 desember di pelataran jam gadang,” sambung Yessi Ramlan.

Keunikan pada acara festival marandang ini adalah semua peserta memakai pakaian tempo dulu seperti tangkuluak, baju basiba, sandal jepit atau tengkelek. Dan memasaknya pun di atas tungku dengan kayu bakar, menghembus kayu api menggunakan suluh aur. Semua peserta memeras santan dengan kain mori di lokasi tempat memasak.

Sementara itu, Genpi Bukittinggi sebagai pelaksana kegiatan tersebut juga akan mengabadikan kegiatan ini dengan menghimbau kepada masyarakat untuk datang dan menyaksikan kemeriahannya.

Uda Didi S pembina Genpi menuturkan hal ini baru pertama kali diadakan di kota wisata, jadi bagi masyarakat dan pengunjung jangan sampai melewatkan kegiatan tersebut.

“Mari kita meriahkan Hari Jadi Kota Bukittinggi ini, mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat lebih memperkenalkan budaya Minangkabau ke tingkat Internasional,” tutup Didi. (debi)




Bagikan:
Baca Juga :  Memalukan, Oknum Guru di Bukittinggi Lakukan Tindakan Asusila Terhadap Muridnya
Tags: , ,



Berlangganan

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

banner 750x100


close