Lelang Sekwan Agam Diikuti Enam Pejabat

Lelang Sekwan Agam Diikuti Enam Pejabat
Jetson salah satu pejabat yang mengikuti lelang jabatan Sekwan di Agam. Menyerahkan berkas pendaftarannya ke Pansel.
Bagikan:

AGAM, RedaksiSumbar.com – Pendaftaran seleksi terbuka Sekretaris DPRD Agam dinyatakan berakhir oleh panitia seleksi (pansel) pada Jumat (12/5/2017). Umumnya, para peserta lelang mendaftar pada menit-menit akhir batas waktu pendaftaran yaitu pukul 17.00 WIB.

Pansel kemudian mengumumkan enam nama yang telah mengajukan diri ke meja pendaftaran. Kendati pendaftaran dibuka secara luas, tidak satupun kandidat yang berasal dari luar lingkungan pemerintah Kabupaten Agam. Hal ini mengindikasikan dua hal; minimnya minat dari ASN luar Agam, dan atau minimnya penyebaran informasi sehingga tidak banyak diketahui ASN lainnya.

Keenam nama yang telah mendaftarkan diri yaitu; Kabag Umum Sekretariat DPRD Agam, Boy Vetris, Kabag Organisasi Sekretariat Kabupaten Agam, Indra, Camat Baso, Surya Wendri, Camat Lubukbasung, Murni Idrus, Kabag Umum Sekretariat Kabupaten Agam Resnaldi, dan Staf Ahli Bupati Agam Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Ir. Jetson yang juga sedang dipercaya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekwan DPRD Agam.

“Para kandidat yang sudah mendaftar akan diseleksi secara kelengkapan administrasi. Hasilnya akan diumumkan pada Kamis (18/5) mendatang. Sampai batas waktu tersebut, panitia masih menerima jika ada kandidat yang ingin melengkapi berkas,” ujar ketua pansel, Rusdi Lubis.

Dari keenam peserta tersebut, hanya Jetson satu-satunya kandidat yang telah berpengalaman menduduki kursi eselon II. Hal ini menimbulkan prediksi sejumlah pihak bahwa lima kandidat yang masih berstatus eselon III itu hanyalah pengantar marapulai semata. Dalam artian, kandidat eselon III hanya menjadi pelengkap untuk memuluskan proses lelang jabatan.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Agam, Martias Wanto yang juga panitia seleksi mengatakan, pendaftaran dibuka sejak 19 April hingga 12 Mei 2017 melalui sekretariat panitia seleksi terbuka di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Agam.

Martias menjelaskan, peserta yang berminat untuk mengikuti seleksi itu harus memiliki persyaratan, diantaranya pangkat atau golongan ruang minimal Pembina IV/a yang dibuktikan dengan surat keputusan pangkat terakhir, berstatus ASN di lingkungan pemerintah kabupaten/kota dan Pemprov Sumbar, kualifikasi Akademik minimal Strata I atau D.IV seluruh disiplin ilmu, pernah atau sedang menduduki jabatan eselon II, atau eselon III.a minimal dua tahun, dibuktikan dengan SK jabatan.

“Untuk syarat kompetensi jabatan, peserta harus mempunyai kemampuan manajerial dan leadership yang baik, memahami regulasi tentang tugas di lingkungan pemerintah daerah, mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik, dan mempunyai kemampuan bekerja dalam melaksanakan tugas,” jelasnya lagi.

“Selain seleksi administrasi, proses seleksi melalui beberapa rangkaian diantaranya seleksi tes potensi akademik, psikotes, wawancara dan presentasi makalah. Setiap peserta juga akan disaring melalui proses asessment,” pungkas Martias Wanto.

Melalui pesan singkat, Indra Catri berharap lahirnya sosok pengganti Aswirman (Sekwan sebelumnya yang telah menjabat Sekdakab Solok, red) dengan skill dan kepemimpinan yang lebih baik.

Indra Catri mengapresiasi segenap peserta yang akan berkompetisi memperebutkan kursi Sekwan itu. Keikutsertaan dua Camat dan tiga Kabag ditambah satu pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Agam menandakan daya saing dan sistem kaderisasi di Agam masih berjalan dengan baik.

“Itu artinya semangat berkompetisi di Agam lebih hebat dan yang terpenting mereka memiliki ambisi, cita-cita serta penggemar resiko. Untuk tipikal masyarakat Agam, pejabat yang gigih seperti ini yang lebih dibutuhkan,” ungkap sosok yang akrab disapa IC ini. [Loni Hendri]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan