Libur Tahun Baru, Penjualan Tiket di Pantai Carocok Painan Mencapai Rp 171 Juta | Redaksi Sumbar

Libur Tahun Baru, Penjualan Tiket di Pantai Carocok Painan Mencapai Rp 171 Juta

Libur Tahun Baru,  Penjualan Tiket di Pantai Carocok Painan Mencapai Rp 171 Juta
Foto: Suasana Pantai Carocok Painan ketika libur panjang dan tahun baru.
Dibaca : 673 Kali
Bagikan:

Pesisir Selatan, RedaksiSumbar.com–Tingkat kunjungan wisata ke Pantai Carocok dan Pulau Cingkuak di Kabupaten Pesisir Selatan selama musim libur panjang, Natal dan Tahun Baru kemarin cukup tinggi. Berdasarkan data Dinas Pariwisata Pessel, terhitung tanggal 24 Desember 2016 hingga 2 Januari 2017 rata-rata tingkat kunjungan mencapai 4 sampai 5 ribu pengunjung setiap harinya. Kebutuhan tiket masuk mencapai 400 blok dengan total pendapatan Rp 171 juta.

Kabid Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olah Raga Kab Pessel, Arnaini, S.E, M.M mengatakan, terjadi lonjakan jumlah pengunjung ke Pantai Carocok dan Pulau Cingkuak pada tahun ini.

Ia menjelaskan, pendapatan dari sektor pariwisata ini tentu menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kab Pesisir Selatan. Dari data yang ada, pada libur kemaren tercatat jumlah pemasukan setiap harinya di Pantai Carocok adalah;   24 Des Rp 10 juta, 25 Des Rp 15 juta, 26 Des Rp 17,5 juta, 27 Des Rp 15 juta,  28 Des Rp 17,5 juta , 29 Des Rp 13,5 juta, 30 Des Rp 13 juta,  dan 31 Des Rp 25 juta. Terjadi lonjakan pengunjung pada 1 Januari 2017 yaitu dengan pendapatan Rp 35,5 juta serta menurun kembali pada 2 Januari dengan pendapatan Rp 9,5 juta.

“Puncak kunjungan orang ke Pantai Carocok terjadi pada pada hari Sabtu malam pergantian tahun baru berjumlah sekitar 7 ribu pengunjung,” jelas Arnaini, Rabu (4/1).

Sementara itu, menyikapi kejadian meninggalnya salah seorang pengunjung asal Jambi atas nama H.Sangawi (60) warga Desa Karimu, Kel Bartin 24, Kab Batang Hari saat berlibur di kawasan Pulau Cingkuak, ia membenarkan kajadian tersebut.

Namun ia menjelaskan bahwa kejadian itu bukanlah sebuah kecelakaan yang berkaitan dengan objek wisata. Menurut keterangan dari pihak keluarga, korban mengalami penyakit komplikasi dan bukan meninggal akibat kecelakaan saat bermain wahana di kawasan obyek wisata Pantai Carocok.

Baca Juga :  Pessel Giatkan Lembaga Didikan Subuh

“Pemberian Jasaraharja hanya diberikan kepada korban yang mengalami kecelakaan seperti saat mandi-mandi di pantai dan tenggelam ke laut, saat bermain wahana permainan di kawasan pantai carocok, dan terkena batu karang,” tegasnya.

Ditempat terpisah, Kapolres Pessel, AKBP Deni Yuhasdi melalui Kabag Ops Kompol Agus Tober mengatakan, untuk situasi kamtibnas dan kriminalitas selama libur natal dan tahun baru di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan dan beberapa obyek wisata lainya aman, lancar dan terkendali.

“Tidak ada kejadian yang menonjol pada libur Natal dan Tahun Baru di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan,” terang Kabag Ops. Kompol Agus tober. (galang)

Bagikan:
Tags: , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close