Limbek Masiak, Penggugah Selera Dari Agam

Limbek Masiak, Penggugah Selera Dari Agam
Limbek Masiak, salah satu penganan khas dari Agam yang siap memanjakan lidah wisatawan. (Jeni Saputra Nanda)
Bagikan:




AGAM, RedaksiSumbar.com – Selain sistem kekerabatannya yang terkenal, kuliner khas dari Minangkabau juga tak bisa diragukan lagi kelezatannya dan sudah diperhitungkan baik di nusantara maupun mancanegara.

Perbedaan Sumber Daya Alam (SDA) yang dihasilkan juga berpengaruh terhadap masakan seperti halnya dengan di Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatra Barat dengan hasil tangkapan lele yang banyak dan menjadikan ikan tersebut sebagai masakan khas yang dinamakan Kakek Asam Limbek Masiak.

“Masakan ini sering dibuat oleh nenek moyang kami, karena bahan baku yang didapatkan cukup mudah dan memasaknya praktis,” ujar Wali Nagari Salareh Aia Iron Maria saat ditemui, Jumat, 6 April 2018.

Membuat masakan khas ini cukup mudah dan bahan baku beserta rempah-rempah yang digunakan tidak sulit untuk didapatkan.

Meskipun bahan baku yang didapatkan cukup mudah dan cara memasaknya ringan rasa yang dihasilkan bisa menggoyang lidah para penikmatnya.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat Kakek Asam Limbek Masiak ini terdiri dari 200 ml air putih, empat sendok makan asam durian, dua sendok cabai giling, empat siung bawang merah, dua siung bawang putih, dan satu helai daun kunyit.

Cara membuatnya masukan 200 ml air kedalam wajan, dipanaskan hingga mendidih, masukan bumbu yang yang telah disediakan kemudian baru masukam lele asap kemudian ditambah dengan garam secukupnya dan tunggu lima menit Kakek Asam Limbek Masiak siap dihidangkan.

“Saya berharap, Kakek Asam Limbek Masiak bisa menjadi ikonnya Sumatera Barat seperti masakan rendang yang menjadi ciri khas masakan Minangkabau,” harapnya. [JNS]




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...