Longsor di Agam Tutup Sejumlah Ruas Jalan

Longsor di Agam Tutup Sejumlah Ruas Jalan
Petugas BPBD Agam membersihkan sisa material longsor yang terjadi salah satu kawasan di Kabupaten tersebut. (Istimewa)
Bagikan:

AGAM, RedaksiSumbar.com – Hujan deras yang kembali melanda Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengakibatkan sejumlah ruas jalan di kawasan tersebut ditutup akibat beberapa titik longsor yang terjadi di tiga lokasi.

Petugas Pusat Kendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam Lukman Syahputra mengatakan bencana tanah longsor di titik pertama terjadi Taruko, Jorong Sutijo, Kecamatan IV Nagari pada Senin, 23 April 2018 kemarin sore sekitar pukul 17.00 WIB.

“Longsor tersebut akses jalan tertutup sepanjang 8 hingga 10 meter dengan kedalaman material 7-10 meter dan tak bisa dilewati oleh kendaraan,” terangnya, Selasa, 24 April 2018.

Di titik kedua bencana longsor terjadi di depan SMP Negeri 4 Palupuh, Jorong Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam pada Selasa 24 April 2018 pagi sekitar pukul 06.30 WIB.

“Jalan bisa dilewati oleh kendaraan dengan sistem buka tutup, namun saat mobil fuso melewati jalan tersebut, kendaraan besar ini terpeleset hingga masuk ke dalam sungai yang menyebabkan sopir fuso luka-luka dan dilarikan ke puskesmas terdekat,” ungkapnya.

Lanjut Lukman, bencana longsor juga terjadi di jalan lintas Sumatera yang berada di kawasan Lubuak Gadang, Nagari IV Koto, Kecamatan Palembayan di hari yang sama sekitar pukul 04.30 WIB.

“Ruas jalan tertutup lebih kurang 25-30 meter dengan kedalaman material lebih kurang 15-20 meter, kondisi jalan bisa dilewati oleh kendaraan dengan menggunakan sistem buka tutup. Saat ini, BPBD Agam sedang melakukan koordinasi dengan pemerintah terkait di dua titik terjadinya longsor untuk penanganan selanjutnya,” pungkasnya. [JNS/RUD]




Bagikan:
Topik: , ,
Loading...