Mahasiswa Desak Pengesahan APBD Solok Selatan Tahun 2017

Mahasiswa Desak Pengesahan APBD Solok Selatan Tahun 2017
Bagikan:

Solok Selatan, RedaksiSumbar.com–Belasan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Solok Selatan (AMSS) Sumatera Barat. Tuntut DPRD dan Pemerintah setempat untuk mengesahkan APBD Solok Selatan tahun 2017 Kamis (19/1/2017). Menyusul, diberikannya peringatan oleh Pemprov Sumatera Barat untuk segera tuntaskan APBD tahun 2017.

Aksi yang berlangsung damai ini, mendapatkan pengawalan dari pihak Kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja. Penyampaian aspirasi ini diawali di gedung DPRD Solok Selatan di Golden Arm. Mahasiswa diterima langsung pimpinan DPRD, Sidik Ilyas.

Koordinator Aksi, Sondang dalam penyampaian aksinya mengatakan, kami mahasiswa yang mewakili masyarakat Solok Selatan meminta agar APBD Solok Selatan tahun 2017 segera disahkan.

“Kami sangat kecewa sekali atas keterlambatan pengesahan APBD. Karena, akan menghambat pembangunan Solok Selatan pada tahun 2017 ini. Apalagi ada indikasi, pihak eksekutif dan legislatif saling kucing-kucingan,” katanya.

Sampai kapan lanjutnya, Solok Selatan akan keluar dari indikator daerah tertinggal dan menyamai daerah lainnya yang ada di Sumatera Barat.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Solok Selatan Sidik Ilyas mengatakan, pihak DPRD Solok Selatan telah menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Namun, pihak eksekutif dinilai mengalami keterlambatan dalam penyusunan anggaran.

“Kita telah menyurati Pemda Solok Selatan sebanyak 4 kali sejak September hingga Desember 2016 lalu. Agar, segera melakukan pembahasan dan penyusunan anggaran APBD 2017. Namun, baru digubris di bulan Januari 2017 ini,” jelasnya.

Pihak DPRD Solok Selatan berjanji lanjut Sidik, untuk segera menuntaskan pembahasan dan pengesahan APBD Solok Selatan tahun 2017 ini. Dan jika pihak mahasiswa ingin mengawal proses kita memberikan izin dan jadwal pembahasannya.

Setelah melakukan audensi dengan pihak DPRD Solok Selatan. Mahasiswa juga melakukan aksi serupa di kantor Bupati Solok Selatan. Mahasiswa diterima langsung oleh Bupati Solok Selatan, H Muzni Zakaria.

“Kita berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa atas kontrol sosial yang dilakukan kepada pemerintah daerah demi terwujudnya Solok Selatan yang sejahtera dan religius,” katanya.

Sebenarnya jelas Muzni Zakaria, pihak eksekutif tidak berniat untuk melalaikan pengesahan APBD Solok Selatan tahun 2017 ini. Melainkan, ada beberapa indikasi atas keterlambatan. Salah satunya, baru disahkannya perda Opd baru.

“Dengan baru disahkannya Opd yang baru pada awal januari lalu. Maka saat ini, segera dirampungkan penyusunan APBD Solok Selatan tahun 2017,” katanya.

Menyoal saling lempar tanggung jawab. Itu merupakan isu-isu politik saja. Namun realitanya jelas. “Yang pasti kita selalu berpihak dan bertindak demi masyarakat Solok Selatan,” pungkasnya.

[Dicky]  

Bagikan:
Tags: , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan