Mahasiswa Perlu Diberi Ruang Berkreatifitas

Mahasiswa Perlu Diberi Ruang Berkreatifitas
Untuk mengimplementasikan kegiatan PKM di Politeknik Negeri Padang, mahasiswa mendirikan stan dengan model unik untuk menarik perhatian pengunjung. (ELFITOS)
Bagikan:

PADANG, RedaksiSumbar.com – Mahasiswa di sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selain diminta untuk bisa mengimplementasikan ilmu yang mereka raih di bangku perkuliahan, mereka juga dituntut bisa berkreatifitas agar tidak terpaku pada pendidikan semata.

Seperti kegiatan pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang dilaksanakan di Politeknik Negeri Padang (PNP). Untuk edisi semester genap ini, kampus nan dipimpin oleh Aidil Zamri ini PKM akan dilaksanakan sejak Senin (6/11/2017) hingga Jumat (11/11/2017) mendatang.

Ketua Panitia PKM, Fikri Alhamda mengatakan bahwa untuk semester genap 2017 ini, berbagai macam perlombaan dilaksanakan, seperti panjat tebing, lomba puisi, lomba nyanyi, olahraga, lomba menembak dan berbagai pameran yang disebutnya akan menjadi hiburan tersendiri.

“Kegiatan ini tidak hanya diikuti internal mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) saja, akan tetapi juga ada pesertanya dari luar PNP, seperti peserta didik SMP, SMA, dan berbagai kampus yang ada di Sumatera Barat. Untuk tahun ini kegiatan ini kita kasih nama tema, Super Hero, The Ultimate of Cadiak Pandai,” katanya.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) PNP, Yoga Okta menjelaskan bahwa kegiatan PKM selalu dilaksanakan per semester setiap tahunnya dan langsung di bawah koordinasi dari BEM yang didukung oleh pihak kampus.

“Acara ini dilaksanakan per semester, selama acara ini kegiatan perkuliahan diliburkan. Untuk sumber dana kegiatan ada yang berasal dari akademik dan ada juga dari sponsor, tergantung bagaimana UKM ini memanfaatkan momen ini,” ujar Yoga.

Tujuan utama dari kegiatan ini, menurutnya adalah untuk bersilaturahmi sesama mahasiswa dari berbagai jurusan dan dengan pihak luar yang diundang.

“Karena perkuliahan yang padat, kadang kita untuk kenal sama rekan sekampus itu susah, makanya satu minggu dalam setiap semester disediakan waktu untuk acara Pekan Kreatif Mahasiswa ini untuk silaturrahmi antar mahasiswa agar saling kenal saling dekat,” tambah Yoga.

Terpisah, Direktur PNP, Aidil Zamri mengatakan bahwa kegiatan PKM penting dilaksanakan untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa dan mengembangkan potensi terpendam yang mereka miliki.

“Mahasiswa perlu diberi ruang untuk berkreatifitas agar mereka tidak hanya terkungkung pada aktifitas perkuliahan saja sehingga timbul rasa bosa dan jenuh dimana akan berdampak pada proses perkuliahan,” ujarnya. [EFT]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan