Malaysia Tawarkan Kerjasama Wisata ke Bukittinggi

Malaysia Tawarkan Kerjasama Wisata ke Bukittinggi
Malaysia tawarkan kerjasama berbasiskan wisata dan kesehatan di Bukittinggi. (Istimewa)
Bagikan:




BUKITTINGGI, RedaksiSumbar.com – Negara Jiran Malaysia menawarkan Promosi Wisata dan Layanan Kesehatan melalui agen Tourism Malaysia Sumatera, dengan mengajak masyarakat Sumatera Barat khususnya di Kota Bukittinggi untuk berwisata melalui paket promo yang disediakan.

Direktur Tourism Malaysia Sumatera, Azhari Haron  mengatakan sektor Pariwisata dan Kesehatan di Malaysia saling berkaitan, maka  promosinya selalu dilakukan secara bersama, sehingga ada keterkaitan antara promosi objek wisata, hotel dengan rumah sakit, serta produk lain dalam paket perjalanan wisata.

“Ada beberapa produk unggulan Malaysia yang dapat di pakai sebagai acuan bagi para pelancongnya. Seperti wisata Kesehatan yang notabene banyak orang Indonesia banyak berobat ke Malaysia dan tak terkecuali dari Provinsi Sumatera Barat, dan mereka membawa keluarga. Selesai berobat, mereka pergi berwisata dan belanja, dengan memanfaatkan jasa agen tourism,” katanya, Jum’at, 30 Maret 2018.

Azhari Haro menambahkan untuk memudahkan pengunjung Indonesia selama di Malaysia, dipersiapkan sejumlah paket wisata dengan mencakup segala kebutuhan pengunjung, yang salah satunya mengoptimalkan Meet With The pelaku industri wisata,  seperti Travel Agent, Hotelier, dan Tourism Community yang ada di Sumatera Barat, dengan para industri wisata yang ada di Malaysia yang terdiri dari Hotel dan Resort, Rumah Sakit, dan Travel Agency Malaysia.

“Dengan pertemuan ini dapat memberikan dampak yang positif bagi perkembangan dan kemajuan bisnis kedua pihak, yaitu industri wisata di Sumatera Barat dan Malaysia,” ujarnya.

Dari data yang berhasil dihimpun, terjadi peningkatan sebesar 16,4 persen pada bulan Januari 2018 turis Indonesia ke Malaysia terkait tingkat kunjungan mancanegara ke Malaysia tahun 2017 lalu.

Indonesia berada di urutan kedua setelah Singapura dengan jumlah wisatawan mencapai 2,79 juta, dengan lama menginap antara 5 sampai 7 malam dan pengeluaran perhari sebesar RM532 dengan total pendapatan dari Indonesia sebesar RM8.48 miliar. Secara keseluruhan, Malaysia berhasil mendapatkan pendapatan sebesar 82.16 miliar ringgit dengan total kunjungan sebanyak 25,9 juta wisatawan dari mancanegara.

Pemerintah menargetkan 36 juta turis dengan pendapatan 168 Billion Ringgit (USD 42.6 triliun) tahun 2020. Oleh karena itu, masih banyak yang perlu Tourism Malaysia benahi dan lakukan untuk mensukseskan Visit Malaysia 2020.

Azhari Haron menyebutkan, jumlah wisatawan Indonesia yang melakukan kunjungan wisata maupun yang berobat di Malaysia berbanding 70:30. Artinya, yang tujuan utama berwisata mencapai 70 persen, sementara sisanya 30 persen tujuan utamanya adalah berobat.

“Pemerintah Malaysia sendiri menargetkan 36 juta turls mancanegara dengan pendapatan 168 Billion Ringgit (USD 42.6 triliun) pada tahun 2020. Oleh karena itu, Pemerintah Malaysia gencar melakukan promosi wisata untuk menyukseskan Visit Malaysia 2020,” ungkapnya. [RUD]




Bagikan:
Topik: , , , ,
Loading...