Mantan Jurnalis Perempuan Asal Meksiko Jadi Tema Google Doodle Hari Ini

Mantan Jurnalis Perempuan Asal Meksiko Jadi Tema Google Doodle Hari Ini
Katy Jurado. (Sumber : youtube.com)
Bagikan:

JAKARTA, RedaksiSumbar.com – Bagi sebagian orang yang sudah memulai aktifitas pada Selasa (16/1/2018) ini dengan membuka laman pencarian google.com, maka mereka akan melihat sesosok perempuan nan rupawan dengan tatapan yang tajam.

Wanita tersebut bernama Katy Jurado, berasal dari Meksiko. Dirinya diabadikan oleh Google di lama pencarian karena memperingati hari kelahirannya yang ke-94 tahun.

Katy dikenal lewat perannya sebagai “femme fatale”, disana dirinya mengecap ketenaran sebagai bintang di industri perfilman Meksiko dan Hollywood. Tidak seperti Del Rio atau Maria Felix, Katy Jurado bukan sekadar memiliki kecantikan yang klasik. Bentuk matanya yang besar menjadikan sorotan mata Katy Jurado tajam dan memberikan isyarat kuat berkarakter. Ciri khas Katy Jurado ini memainkan peranan penting dalam karir keaktrisannya di Amerika Serikat.

Berkat totalitas akting di 70 film Amerika Barat dan Meksiko pada tahun 1940 hingga 1960 an itulah, perempuan yang juga pernah berprofesi sebagai jurnalis tersebut menyabet sejumlah penghargaan. Sebut saja, nominasi Academy Award untuk peran pendukungnya di tahun 1954 sebagai istri Indian Spencer Tracy dalam filmnya Broken Lance.

Keberhasilan yang diraih oleh penulis di salah satu surat kabar di Meksiko tersebut bukanlah dengan cara yang instan. Dirinya pernah ditentang habis-habisan oleh sang keluarga, hingga akhirnya dirinya terpaksa menandatangani kontrak secara diam-diam untuk bekerja sama dengan beberapa rumah produksi dan bermain bermain di sejumlah film, seperti La Vida Inutil de Pito Perez pada tahun 1943.

Katy meninggal di usia ke 78 tahun, tepatnya pada tanggal 5 Juli 2002. Dia terlahir dari keluarga berada hingga akhirnya Revolusi Meksiko membuat keluarganya harus mengalami kebangkrutan.

Sumber penghasilan kedua orang tuanya berasal dari peternakan sapi dan kebun jeruk yang mereka miliki.

Tema Google Doodle hari ini. (IST)

Katy Jurado merupakan salah satu aktris Meksiko yang paling popular di film Amerika yang dibuat pada tahun 1950-an. Katy Jurado adalah bintang utama yang paling bersinar di sinema Meksiko.

Film pertama Katy Jurado di Hollywood adalah Bullfighter dan Lady di tahun 1951. Dengan usaha yang keras dari Katy Jurado ia berhasil melafalkan dan menghafalkan naskah dalam bahasa Inggris. Padahal pemahaman bahasa Inggris Katy Jurado terbatas dan ia hanya menghafalkan “suara” dari kalimat di naskah.

Meskipun memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, dirinya tetap memikat hati seorang produser terkenal di Hollywood. Dirinya memainkan karakter penting sebagai Helen Ramirez dengan sangat terampil sehingga menjadi jawara di ajang Golden Globe Award untuk kategori Aktris Pendukun Terbaik dalam perannya. Anugerah tersebut ternyata berlanjut. Silver Ariel Awards dan beberapa nominasi di Academy Awards juga pernah dirasakannya.

Dari balik layar, perempuan ini merupakan seorang yang sangat pemberani dan memiliki daya pikat yang tinggi, termasuk aktor termasyhur di masanya, Marlon Brandon dan novelis kawakan, L’Amour tergila-gila olehnya.

Katy memberi simbol bahwa wanita Meksiko memiliki kecantikan tersendiri dan daya tarik seksualitas tinggi. [Red]

 

Sumber : The Guardian




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...