Masyarakat Diimbau Tak Bakar Lahan

Masyarakat Diimbau Tak Bakar Lahan
Petugas kepolisian melakukan lokasi pembakaran yang terjadi di Lunang Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan beberapa waktu lalu. (Istimewa)
Bagikan:




PESISIR SELATAN, RedaksiSumbar.com – Masyarakat diminta untuk tak membakar sampah atau lahan secara sembarangan karena cuaca yang belakangan tak menentu.

Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Fery Herlambang mengimbau kepada masyarakat atau kelompok tani untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan, karena bisa berbahaya dan menyebabkan kebakaran yang lebih luas.

Imbauan oleh Kapolres Pessel buka tak beralasan. Pasalnya, beberapa waktu lalu Polsek Lunang Silaut menemukan adanya sejumlah titik panas.

Berdasarkan keterangan dari Polsek Lunang Silaut, memang ditemukan lokasi bekas lahan yang terbakar, yaitu lahan tidur milik salah seorang masyarakat di kawasan tersebut dengan luas lebih kurang 25 hektar.

“Saat ini, titik api di lokasi tersebut sudah tidak ada lagi, hanya tinggal bekas pembakaran dan asap yang diduga dilakukan oleh oknum masyarakat,” katanya, Selasa, 20 Februari 2018.

Dirinya berujar, banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuka lahan selain dengan membakar.

“Boleh saja membuka lahan, tapi bukan dengan cara membakar dengan sembarangan. Kami sedang melakukan penyelidikan, jika ada oknum warga yang membakar lahan secara sengaja, akan kita proses sesuai hukum berlaku,” ujarnya. [RZL]




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...