Media Sosial Penting untuk Dimanfaatkan oleh Lembaga Kehumasan | Redaksi Sumbar

Media Sosial Penting untuk Dimanfaatkan oleh Lembaga Kehumasan

Media Sosial Penting untuk Dimanfaatkan oleh Lembaga Kehumasan
Rakor Bako Humas Sumatera Barat.
Dibaca : 70 Kali
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Pentingnya peran media sosial di era kekinian menjadi pokok perhatian yang perlu diperhatikan oleh lembaga-lembaga kehumasan yang ada. Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, ketika membuka Rakor Bakohumas Propinsi Sumatera Barat di Aula Gubernuran, Senin (17/4/2017).

Humas itu penting, tapi sering dipinggirkan. Bahkan, akan dihilangkan dalam setiap pembahasan karena dianggap memiliki fungsi sama dengan dinas lain.

“Humas itu harus terus dipertahankan. Fungsinya beda dengan dinas lain. Humas berciri sebagai jubir pemerintah,” ungkap Irwan dalam sambutannya

Menurutnya, humas berfungsi mensosialisasikan setiap aktifitas pemerintahan. Termasuk pernyataan kepala daerah dalam berbagai forum yang ada.

“Setiap pernyataan yang disampaikan oleh gubernur atau kepala daerah dalam berbagai forum, itu merupakan bagian dari kebijakan,  dan itu perlu dipublikasikan dan menjadi tugas dari setiap OPD terkait untuk menjalankannya dalam bentuk kegiatan pembangunan,” sebutnya.

Kabag Humas Solok Selatan, Firdaus Firman, yang mengikuti rakor tersebut, menjelaskan bahwa rakor bakohumas tersebut penting sebagai sarana komunikasi antar lembaga kehumasan se-Sumbar.

Salah satu tugas humas adalah menyampaikan tentang suatu kebenaran terhadap suatu permasalahan. Humas tidak boleh diam, tetapi juga tidak boleh berlebihan dalam menyikapi tulisan yang kurang baik tentang pemerintahan.

“Hukumnya wajib memberikan penjelasan tentang permasalahan-permasalahan atau sesuatu yang tidak baik terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah daerah. Sampaikan secara wajar, dan tidak usah berlebihan. Tugas kita adalah menyampaikan, dan jangan alergi dengan kritikan,” terangnya

Rakor Bakohumas dihadiri oleh Humas oleh humas-humas di lingkungan pemerintahan Pemprov Sumatera Barat lembaga pemerintahan lain serta humas BUMN.

Dalam rakor tersebut juga menghadirkan diskusi panel dengan narasumber wartawan senior, Hasril Chaniago dan Kabiro Humas Pemprov, Jasman, yang dimoderatori Ketua PWI Sumbar, Herianof Chaniago. [Rilis Humas Solsel]

Bagikan:
Baca Juga :  Forum Kabupaten Sehat Solok Selatan Dikukuhkan
Tags: , , , , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close