Memiriskan, Pasaman Barat Raih Peringkat Ke 17 MTQ Nasional Tingkat Sumbar

Memiriskan, Pasaman Barat Raih Peringkat Ke 17 MTQ Nasional Tingkat Sumbar
Candidat DR. Zawil Huda, SH, S. Pdi, MA.
Bagikan:

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Peringkat Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat ke XXXVII di Kota Pariaman sangat memiriskan dan menyedihkan sekali. Pasalnya, Kabupaten Pasaman Barat mendapatkan peringkat ke 17 dari 19 Kabupaten/Kota se Sumatera Barat.

Menurut salah seorang pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pasaman Barat, Candidat DR. Zawil Huda, SH, S. Pdi, MA, Selasa (14/11/2017) mengatakan hasil ini memalukan Pasaman Barat. Karena, Pasaman Barat salah satu daerah penghasil ulama, dai dan juga masyarakatnya yang kental dalam beragama.

“Ini sangat memiriskan, kita sebagai masyarakat malu mendengar hasil MTQ ini. Ini ada yang perlu diperbaiki segera pada pihak terkait di pemerintahan daerah kita. Terutama, bagian yang membidanginya,” katanya.

Dia katakan, Pasaman Barat punya potensi yang banyak. Orang-orang Pasaman Barat banyak yang memiliki kemampuan untuk tampil di MTQ tingkat nasional. Akan tetapi, banyak diantara mereka yang diambil daerah lain. Dan Pemda Pasaman Barat perlu lebih serius lagi untuk memperhatikan Mereka.

“Kita punya bukti bahwa beberapa qori qoriah asal Pasaman Barat diambil daerah lain, dan mereka menjadi finalis. Kami mendukung pemda untuk lebih meningkatkan prestasi dan upaya dalam bidang keagamaan agar lebih berprestasi. Termasuk menata manajemen mesjid ala suasana mesjid nabawi di zaman rosululloh dan di era sahabatnya,” pungkasnya.

Setelah dikonfirmasi Kabag Kesra Setda Pasaman Barat, Hendrizal, mengatakan memang tidak memuaskan. Namun, ini lah kenyataan yang baru diperoleh.

“Tap yang jelas kita belum memiliki Pondok Al Qur’an, tentu belum bisa maksimal seperti Kabupaten/kota lainnya,” sebutnya.

Sementara, pembinaan yang dilakukan terhadap qori qoriah yang mengikuti MTQ ini hanya dilakukan selama delapan kali saja. “Ini belum maksimal, makanya kita baru mencapai hasil seperti itu,” terangnya. [Bis]

Bagikan:
Tags: ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan