Mendadak, ASN Pemkab Pessel Ikuti Tes Urine. BNNP: Terbukti Positif Akan Didalami Lebih Dahulu | Redaksi Sumbar

Mendadak, ASN Pemkab Pessel Ikuti Tes Urine. BNNP: Terbukti Positif Akan Didalami Lebih Dahulu

Mendadak, ASN Pemkab Pessel Ikuti Tes Urine. BNNP: Terbukti Positif Akan Didalami Lebih Dahulu Dibaca : 462 Kali
Bagikan:




Pesisir Selatan, RedaksiSumbar.com–Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, melalui Kesbangpol, bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Barat, melakukan tes penyalahgunaan Narkoba melalui pemeriksaan urine bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon II, III, IV berserta staf, Selasa (27/12) di Kantor Bupati Pessel. Pemeriksaan yang terbilang dadakan itu sedikit membuat kaget para pegawai di sana.

Kegiatan ini dilakungan untuk mendukung program Pemerintah Pusat melalui Intruksi Presiden Republik Indonesia tentang program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Indonsia, khususnya di lingkungan Pemkab Pesisir Selatan.

Dalam pelaksanaan tes urine kali ini dilakukan oleh 8 orang petugas teknis BNN Prov Sumbar dengan menyiapkan 1900 Aswer 5 parameter, amphemine, meta amphetamine, THC (ganja), morwin dan benzoy. Pemeriksaan dilakukan untuk pegawai laki-laki dan perempuan.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni melalui Kabag Kesbangpol Pemkab Pessel, Dailipal mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan untuk melaksanakan Intruksi Presiden dalam mewujudkan P4GN.

“Kita telah siapkan alat tes urine dan kita meminta tenaga teknis BNNP melaksanakan tes urine tersebut,” ujar Dailipal.

Ia menuturkan lagi,  nantinya seluruh Aparatur Sipil  Negara di lingkungan Pemkab Pessel, mulai dari pejabat eselon II,III,IV dan staf serta seluruh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) akan dilaksanakan tes urine secara dadakan sesuai kondisi di lapangan. Untuk awal ini akan dilakukan sebanyak kurang lebih 200 ASN di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Pessel.

Dailipal berharap dengan pelaksanaan tes urine hari ini bisa mengantisipasi perederan narkoba di Kabupaten Pesisir Selatan, terutama di lingkup ASN di Pemkab Pessel.

Sementara itu Kabid Pencegahaan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sumbar selaku Koordinator Teknis Pencegahan, Raymond, SH, MH mengatakan, ini adalah bentuk kemandirian Pemkab Pessel dalam menyukseskan program P4GM. Ini juga sebagai tindak lanjut dari Program Pemerintah berupa Instruksi Presiden.

Baca Juga :  Menunggak Pajak, Dispenda Padang Pasang Plang Pengumuman

“Sebelumnya, kita telah melakukan Advokasi ke lingkungan kerja Pemkab Pessel dalam bentuk koordinasi untuk melaksanakan tes urine ini dan kita adalah sebagai tim teknis saja,” ucapnya.

Ia menambahkan, jika nantinya ada oknum ASN yang terindikasi positif setelah melakukan tes urine ini,  pihaknya akan melakukan pendalaman lebih dalam lagi tentang hal tersebut.

“Kita tidak boleh menuduh seseorang yang positif itu sebagai pengguna narkoba. Kita harus melakukan pendalaman terlebih dahulu. Kita sangat mendukung positif pelaksaan tes urine yang dilakukan oleh Pemkab Pessel. Peralatannya cukup, dan Pemkab juga sangat mandiri dalam mendukung program Pemerintah Pusat,” jelasnya. (galang)

Bagikan:
Tags: , ,



No Responses

banner 750x100