Mendadak, Ribuan Ikan Mati di Sungai Batang Alin, Muaro Kiawai, Pasbar | Redaksi Sumbar

Mendadak, Ribuan Ikan Mati di Sungai Batang Alin, Muaro Kiawai, Pasbar

Mendadak, Ribuan Ikan Mati di Sungai Batang Alin, Muaro Kiawai, Pasbar
Tampak ikan mengapung di Sungai Batang Alin Pasaman Barat. Foto: Bisri Batubara.
Dibaca : 683 Kali
Bagikan:

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Ribuan ikan mati mendadak di Sungai Batang Alin di Nagari Muaro Kiawai dan Nagari Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat, Sabtu (18/3/2017). Belum diketahui penyebab kematian ikan tersebut.

“Belum diketahui apa penyebab kematian tersebut, tapi yang jelas kami bersama tim gabungan Dinas Lungkungan Hidup dan Polres Pasaman Barat sudah turun kelapangan dan sudah mengambil sampel ikan untuk di Laboratorium,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat, Edi Busti, melalui Kabid Pengawasan Dampak Lingkungan, Yulina, melalui telepon genggamnya, Minggu (19/3/2017).

Dikatakannya, Diketahui ikan mati di sungai Batang Alin tersebut setelah ada laporan dari warga yang melihat, dari itulah tim kami turun kelapangan untuk memastikan laporan tersebut.

“Kita turun ke lapangan untuk memastikan laporan warga itu, dan terbukti setibanya di pinggir sungai ikan sudah mengapung di air dan jumlahnya tidak sedikit,” jelas Yulina.

Kita akan dalami penyebab kematian ikan itu, karena dihulu sungai tersebut ada dua unit pabrik kelapa sawit dan satu unit Stone Crusher (Pemecah Batu), dan kita sudah telusuri ke lokasi pabrik tersebut.

“Kita belum bisa pastikan penyebabnya, apakah karena limbah pabrik atau racun sungai seperti racun akar atau kimia lainnya yang biasa digunakan orang untuk menangkap ikan atau yang lainnya,” sebutnya dengan tegas.

Kapolres Pasaman Barat. AKBP. Joko Ananato, S.I.K melalui Kasat Res Polres Pasaman Barat, AKP. Fahrel Haris saat dikonfirmasi membenarkan adanya ditemukan ikan mati di sungai Batang Alin.

“Kita masih menyelidiki penyebab ikan mati itu, karena pihak Polres dan Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat sudah melakukan penelusuran sepanjang sungai dari penemuan ikan mati sampai kelokasi kedua pabrik kelapa sawit tersebut “, terangnya. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Baca Juga :  Amora Lubis: Utamakan Infastruktur Jalan Daerah Tertinggal
Tags: , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close