Mengenal Sergei Eisenstein, Bapak Montase

Mengenal Sergei Eisenstein, Bapak Montase
Sergei Eisenstein (Sumber : Senses of Cinema)
Bagikan:




INTERNASIONAL, RedaksiSumbar.com – Bagi pelaku perfilman, Sergei Eisenstein bisa dibilang salah satu panutan dan inspirasi dalam menghasilkan sebuah karya yang abadi dan dicintai.

Sergei merupakan seseorang yang memperkenalkan montase, sebuah teknik pengeditan yang sering dipergunakan untuk menggambarkan kisah dalam rentang waktu tertentu, tapi dengan durasi singkat.

Montase merupakan teknik pengeditan film, dengan cara merangkaikan potongan-potongan gambar. Teknik ini biasanya digunakan untuk menggambarkan berlalunya waktu atau peristiwa.

Sejumlah film dilahirkannya, sebut saja Battleship Potekmin, Strike, dan The General Line. Banyaknya karya film inovatif dan luar biasa yang diciptakan oleh pria asal Uni Soviet kelahiran tahun 1898 tersebut membuat sineas ini dijuluki Bapak Montase.

Berkat montase pula, Eisenstein berhasil memperlihatkan film revolusioner dari sisi yang berbeda, seperti kisah pekerja yang berjuang melawan penindasan sang penguasa.

Jauh sebelum sukses di dunia perfilman dan menjadi legenda hingga Google menjadikannya sebagai Google Doodle pada Senin (22/1/2018) ini, pria tersebut pernah menempuh pendidikan studi arsitektur dan teknik sipil di Institut Petrograd.

Bakatnya diwarisi oleh sang ayah, Mikhail Osipovich Eisenstein yang merupakan seorang arsitek. Pengalamannya di dunia perfilman dipengaruhi kuat saat dirinya mengenal Teater Kabuki pada tahun 1920. Sergei bahkan juga sempat mempelajari bahasa Jepang.

Tidak lama kemudian ia pindah ke Moskow, dan memulai karirnya dalam dunia teater dengan bekerja di Proletkult.

Disana ia memproduksi karya Gas Masks, Listen Moscow, dan Wiseman.

Barulah di tahun 1923, ia memulai merancang teori Montase. Selanjutnya ia memproduksi film pertamanya Glumov’s Diary pada tahun yang sama. Disusul dengan Strike (1925), dan The Battleship Potemkin (1925) yang diakui secara kritis di seluruh dunia. [Red]





Bagikan:
Topik: ,
Loading...