Mentawai, Daerah dengan Potensi Besar Namun Masih Tertinggal | Redaksi Sumbar
banner 750x100

Mentawai, Daerah dengan Potensi Besar Namun Masih Tertinggal

Mentawai, Daerah dengan Potensi Besar Namun Masih Tertinggal
Bagikan:

Mentawai,RedaksiSumbar.com — Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menegaskan perlunya peningkatan sarana  transportasi untuk memperlancar keluar-masuknya berbagai kebutuhan di Kepulauan Mentawai. Salah satunya adalah dengan menambah panjang jalan sehingga jalan yang ada di dalam pulau tersebut dapat terhubung. Misalnya saja dengan memprioritaskan jalan Trans Mentawai yang saat ini memiliki panjang kurang lebih 300 km. Selain transportasi, Kabupaten Kepulauan Mentawai juga memiliki kendala ketersediaan air bersih, sanitasi dan kesehatan.

Hal ini diungkapkan Nasrul Abit ketika memberi arahan pada Rapat Koordinasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai di Tua Pejat, Jum’at (9/12) kemarin.

Disamping itu, Wagub juga akan berupaya mengembangkan dunia kepariwisataan di kepulauan yang dikenal memiliki budaya yang unik tersebut.

“Seperti kita ketahui  wisata di Kepulauan Mentawai sangat menarik. Alamnya masih indah, ombaknya sangat cocok untuk surfing dan tak kalah menariknya adalah budayanya yang khas,” terang Nasrul Abit.

Ditambahkan Wagub, daerah Kepulauan Mentawai merupakan daerah laut. Tetapi masyarakatnya tidak menggantungkan hidupnya dari hasil melaut. Ini sangat menarik, dan perlu perhatian pemerintah untuk meningkatkan SDM, sarana dan prasarana, sehingga masyarakatnya dapat mengembangkan potensi kelautan mereka.

“Pemerintah Provinsi akan terus berupaya membantu mengembangkan potensi Mentawai. Baik dari sektor kelautan, perikanan, SDM, dan Kepariwisataan. Dan kita mengharapkan masyarakat dapat menerima pembaharuan ini yang tidak akan mengubah adat istiadat-istiadat mereka. Untuk itu kita mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat,” himbau Wagub.

dsc_4210-1

Pj Bupati Kepulauan Mentawai Syafrizal, dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah daerah yang mempunyai potensi besar namun masih dikategorikan sebagai  daerah tertinggal. Beberapa penyebabnya adalah masih sulitnya aksebilitas, infra struktur yang belum memadai, PAD yang minim, jarak antar pulau yang jauh, serta disebut-sebut sebagai daerah rawan bencana, sehingga infestor ragu menanamkan modalnya.

Baca Juga :  Pengembangan Kasus, Polisi Ringkus Gaek Penerima Ganja Asal Aceh

“Kita akan terus berupaya memajukan Kepulauan Mentawai sehingga masyarakatnya dapat hidup lebih sejahtera,” tekad Syafrizal.

Pada Kesempatan yang sama Wakil Gubernur juga menyerahkan bantuan komputer untuk kec.Siberut Barat Daya. Sebelumnya, Wagub juga menyerahkan bantuan tas untuk SD 21 dan SD Goiso’oinan kec. Sipora Utara.

Pada kesempatan penyerahan bantuan tas di SD Goiso’oinan, Wagub memberikan motivasi kepada para murid untuk lebih rajin belajar, “Belajarlah dengan serius, kelak tangan kalian sendirilah yang akan membangun Mentawai ini.” Ucap Wagub mengakhiri. (Red/Hm)

Bagikan:
Tags:

Berlangganan

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan