MTsN Padang Panjang Gelar Tahfidz Alquran  | Redaksi Sumbar

MTsN Padang Panjang Gelar Tahfidz Alquran 

MTsN Padang Panjang Gelar Tahfidz Alquran  Dibaca : 197 Kali
Bagikan:

PADANG PANJANG, RedaksiSumbar.com – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Padang Panjang menggelar wisuda tahfizs Alquran angkatan kedua yang diwisuda oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Salman di halaman sekolah MTsN Padang Panjang, Sabtu (8/4/2017).

Sebanyak 292 orang siswa dan siswi dinyatakan lulus hafalan dengan katagori hafalan 1 juz, 2 juz, juz 3, juz 4, juz 5 dan juz 6. Acara wisuda dihadiri Walikota Padang Panjang diwakili staf ahli Emir Emil Elmaulid, Kemenag Padang Panjang Gusman Piliang, Kepala MTsN Padang Panjang Edi Mardafuli, Ketua Komite MTsN Padang Panjang M. Nur Idris.

Pada acara wisuda yang belangsung meriah itu, tanpak juga hadir pengurus komite sekolah lainnya yakni Bendahara Dessy Zona, Basrizal Dt. Panghulu Basa, Firmawati, Firman, dan Afdal. Selanjutnya hadir Kepala Bank Nagari Syariah Padang Panjang Mukhlis, majelis guru dan karyawan, serta ratusan orang tua murid MTsN Padang Panjang.

Walaupun prosesi wisuda tahfizs berlangsung dibawah hujan gerimis, namun tidak mengurangi meriahnya acara wisuda. Apalagi suasana haru kian terasa saat prosesi pengalungan medali berikut penyerahan sertifikat tahfidz dengan iringan lagu instrumentalia. Prosesi tahfidz diselingi dengan berbagai penampilan puisinisasi dan pembacaan hafalan Alquran oleh perwakilan peserta wisuda serta tausiyah oleh ustad Hidayatullah.

Kakanwil Kemenag Sumbar Salman dalam sambutan mengatakan, bahwa dengan dinyatakan para siswa lulus hafalan berbagai katagori juz yang dilombakan, ia berharap para siswa untuk terus meningkatkan hafalan juz Alquran.  Kakanwil juga menyampaikan selamat kepada para peserta wisuda.

“Kementrian Agama Sumbar menyampaikan selamat kepada para peserta wisuda dan kepada orang tua siswa. Semoga kedepan para siswa terus meningkatkan hafalannya sampai 30 juz,” ujar Kakanwil Kemenang Sumbar Salman.

Baca Juga :  Terkait Pengumuman Pegawai Kontrak Terlibat LGBT, Satpol PP Kota Padang Permalukan Instansi Sendiri

Begitu juga Walikota Padang Panjang dalam sambutannya yang dibacakan staf ahli Emir Elmaulid juga menyampaikan selamat sekaligus memberikan apresiasi pelaksanaan tahfizd Alquran di MTsN Padang Panjang. Kepala MTsN Edi Mardafuli menyampaikan bahwa kegiatan tahfizd merupakan salah satu kegiatan unggulan di MTsN Padang Panjang.

Sementara itu, Ketua Komite M. Nur Idris dalam sambutannya, memberikan apresiasi acara wisuda tahfizd yang dilakukan. Anggota DPRD Kota Bukittinggi ini memuji kegiatan tahfidz yang sudah berlangsung dan menjadi kegiatan eksrakurikuler unggulan di sekolah favorit MTsN di Sumbar ini.

“Atas nama komite dan mewakili  orang tua kami menyampaikan terima kasih kepada pijak sekolah dan guru tahfizd serta ucapan selamat kepada para wisuda tahfizd. Kita bangga bahwa MTsN Padang Panjang kembali mencetak 292 penghafal juz Alquran. Inilah wajah-wajah para penghuni surga dan kami harap para orang tua harus bangga dan bersyukur punya anak seperti sekarang,” ujar M. Nur Idris.

Usai pelaksanaan prosesi wisuda dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada para juara penghafal Alquran untuk berbagai katagori dan sesi photo bersama para siswa wisuda dengan majelis guru serta orang tua murid dan para undangan lainnya. [Debi Kurnia] 

Bagikan:
Tags: , , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close