Nagari Katiagan Pasbar, Dicanangkan Sebagai Kampung KB | Redaksi Sumbar

Nagari Katiagan Pasbar, Dicanangkan Sebagai Kampung KB

Nagari Katiagan Pasbar, Dicanangkan Sebagai Kampung KB
Bupati Pasaman Barat, H, Syahiran (Berdiri) sedang menyampaikan kata sambutan dihadapan undangan dan masyarakat Nagari Katiagan. [Bisri Batubara]
Dibaca : 218 Kali
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menekan ledakan jumlah penduduk, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mencanangkan Kampung KB di Nagari Katiagan, Kecamatan Kinali, Pasaman Barat, Jumat (12/5/2017) di Balai Nagari Adat Nagari Katiagan.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Pasaman Barat H,Syahiran, Kapolres Pasaman Barat AKBP Iman Pribadi Santoso, S.Ik, Dandim 0305 Pasaman diwakili Danramil 0305 Kinali, Kapolsek Kinali, Camat Kinali Bakaruddin, Wali Nagari Kinali, Syafrial, Wali Nagari Katiagan Endang Putra, Seluruh Satuan Operasional Perangkat Daerah (SOPD) Pasaman Barat, Tokoh Masyarakat Nagari Kinali dan Nagari Katiagan, serta Ninik Mamak dan dihadiri ratusan masyarakat.

Wali Nagari Katiagan, Endang Putra, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan mengungkapkan rasa senangnya karena Nagari Katiagan menjadi sasaran Kampung KB. Kampung KB menjadi salah satu program yang sangat strategis dan dibentuk dengan tujuan mensejahterakan masyarakat.

Terkait dengan kondisi sarana jalan yang ada di Nagari Katiagan, Endang Putra berharap kepada Bupati Syahiran agar lebih memprioritaskan pembangunan Nagarinya sehingga masyarakat dapat hidup sejahtera.

Sementara itu Camat Kinali, Bakaruddin mengatakan Kampung KB ini dibentuk berdasarkan arahan dari Presiden RI melalui surat edaran Mendagri Nomor 440/70/SJ tanggal 11 Januari 2016 perihal pencanangan dan pembentukan Kampung KB di seluruh Indonesia.

Sedangkan Bupati Pasaman Barat, H, Syahiran mengatakan Kampung KB ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat Nagari/Desa atau yang setara serta memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program Kependudukan  Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga (KKBPK) dengan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa pelaksanaan program Kampung KB lebih fokus pada masyarakat kurang mampu dan masyarakat tidak memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan. Dengan pencanangan Kampung KB, maka program KB diharapkan dapat bergema kembali dan menjangkau masyarakat terutama yang berada di Nagari atau dusun-dusun di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Satu Unit Rumah di Pasbar Ludes Dilalap Sijago Merah

“Mari Kita tingkatkan kerjasama, kekompakan agar Kampung KB menjadi kebanggaan kita bersama dan semakin jaya,” harap Bupati.

Terkait dengan harapan pembangunan insfratruktur ke Nagari Katiagan ini, Syahiran mengatakan bahwa Pemkab Pasbar akan mengupayakan yang terbaik untuk peningkatan sarana infrastruktur pembangunan menuju Nagari Katiagan ini. keterbatasan anggaran yang dimiliki saat ini yang menyebabkan pembangunan di setiap Nagari harus dilakukan secara bertahap.

Oleh karenanya Anggaran Dana Desa (ADD) diharapkan dapat dimaksimalkan untuk peningkatan sarana infrastruktur Nagari, karena membangun daerah dimulai dari Nagari. Pemkab Pasbar saat ini sedang merumuskan bagaimana agar semua akses di Pasaman Barat ini terbangun, dan lepas dari ketertinggalan.

“Pada tahun 2018 mendatang pemerintah Nagari dengan Pemkab Pasbar akan bersinergi memprioritaskan infrastruktur pembangunan jalan dari Nagari hingga ke kabupaten dilakukan secara serentak dan ditargetkan tahun 2020 selesai,”  tukas Syahiran. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Tags: , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close