Naik kereta api gratis di Padang, ini jadwal dan rutenya

Naik kereta api gratis di Padang, ini jadwal dan rutenya
KA Minangkabau Ekspres di stasiun BIM (Istimewa)
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Tahap awal beroperasi, kereta api Bandara Minangkabau Ekspres yang menempuh rute dari Stasiun Simpang Haru Padang-Bandara Internasional Minangkabau (BIM) digratiskan sejak tanggal 1-3 Mei, penumpang tak dipungut biaya.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Barat (Sumbar), Amran Rabu 1 Mei 2018, dalam tahap sosialisasi dan promosi ini KA Minangkabau Ekspres tak berhenti selama 3 hari. Setelah layanan gratis ini, pada hari berikutnya penumpang dikenakan tarif promo sebesar Rp10 ribu.

“Setelah ini bayar Rp10 ribu hingga enam bulan ke depan dan dievaluasi sesuai harga yang ditetapkan, supaya tidak merugikan transportasi lain yang juga melayani rute menuju BIM,” terangnya

Amran juga mengungkapkan, sesuai ketetapan, tarif kereta api Minangkabau Ekspres dari Stasiun Simpang Haru Padang menuju BIM, yakni Rp20.000. Ongkos dimaksud sudah termasuk subsidi dari pemerintah.

Berdasarkan informasi, Kereta api bandara Minangkabau Ekspres, beroperasi 10 kali perjalanan pergi pulang, dari Stasiun Simpang Haru menuju BIM, dan sebaliknya. Rincian rutenya, dari Stasiun Simpang Haru Padang, menuju Stasiun Tabing, ke Stasiun Duku, dan tujuan akhir Stasiun BIM. Kemudian kembali bergerak dari BIM ke Stasiun Simpang Haru.

Lima kali pemberangkatan dari Stasiun Simpang Haru, yakni pukul 06.15 WIB, selanjutnya pukul 08.35 WIB, kemudian pukul 11.10 WIB, lalu pukul 13.20 WIB, dan terakhir pukul 16.20 WIB.

Sementara keberangkatan dari BIM, yakni pukul 07.40 WIB, kemudian pukul 09.45 WIB, lalu pukul 12.10 WIB, selanjutnya pukul 14.45 WIB, dan terakhir pukul 17.55 WIB. Kereta bandara Minangkabau Ekspres yang berwarna putih hijau ini, memiliki daya tampung 393 orang. [EFT]




Bagikan:
Topik: , ,
Loading...