Obyek Wisata Pantai Carocok Painan Tingkatkan PAD Pessel Dan Ekonomi Masyarakat

Obyek Wisata Pantai Carocok Painan Tingkatkan PAD Pessel Dan Ekonomi Masyarakat
Tampak pengunjung padati loket pembelian karcis masuk kawasan Obyek Wisata Pantai Carocok Painan, Pessel. [Rega Desfinal]
Bagikan:

PESISIR SELATAN, RedaksiSumbar.com – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pesisir Selatan meningkat drastis yang bersumber dari penjualan tiket masuk ke kawasan Objek Wisata Pantai Carocok Painan. Peningkatan ini sejak libur H+1 hari raya idul fitri 1438H/2017M.

Selain meningakatkan PAD juga membantu perekonomian masyakarat dari sektor Jasa Angkutan Kapal penyeberangan, Wahana Permainan Laut, Rumah makan dan Penginapan (Home Stay).

Dari pantauan media, keberadaan Home Stay di kawasan obyek wisata Pantai Carocok mulai bermunculan. Rumah warga yang awalnya hanya sebagai tempat tinggal kini disulap menjadi penginapan.

Sesuai data Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan, sejak H+1 penjualan tiket masuk ke Pantai Carocok habis sebanyak 98 Blok, H+2 147 Blok dan H+3 176 Blok. Ditotal secara keseluruhan karcus terjual sebanyak 428 Blok.

“Per Blok karcis itu jumlahnya 100 lembar,  jadi kalau di total dari jumlah karcis sama sengan jumlah pengunjung sejak H+1 – H+3 sebanyak 42.800 pengunjung yang tercatat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan, Zefnihan, Kamis (29/6/2017) di Painan.

Disebutkannya, dari total keseluruhan karcis masuk tersebut dapat dijumlahkan sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp. 215.000.000,-.

“Ini baru yang tercatat sesuai karcis yang terjual. Diestimasi, pengunjung yang datang ke Pantai Carocok inj bisa dua kali lipat dari jumlah karcis yang terjual,” sebutnya.

Ditambahkan, Kasat Pol PP dan Damkar Kabupaten Pesisir Selatan, Hariyanto, mengatakan terkait antrian pembelian tiket masuk ke kawasan objek wisata Pantai Carocok, pihaknya bersama petugas dari Kepolisian, Dinas Perhubungan  dan TNI telah siaga mulai dari pintu masuk.

“Kita sudah mengantisipasi dengan mensiagakan anggota sejak H+1 bersama  petugas lainya,” ungkapnya. [Rega Desfinal]

Bagikan:
Tags: , , , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan