Ombudsman Temukan Dugaan Pungli di MAN 2 Padang | Redaksi Sumbar

Ombudsman Temukan Dugaan Pungli di MAN 2 Padang

Ombudsman Temukan Dugaan Pungli di MAN 2 Padang
foto - ilustrasi
Dibaca : 1104 Kali
Bagikan:




PADANG,RedaksiSumbar.com – Ombudsman RI perwkilan Sumatera Barat mendukung upaya penegakan hukum terhadap temuan dugaan Pungli atau dugaan tindak Pidana Korupsi Keuangan Komite Man 2 Padang oleh Direktur Reserse kriminal Khusus Polda Sumbar.

Yunafri, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat menuturkan bawahwasanya telah mendapatkan informasi dari salah satu orang tua murid yang Identitasnya masih dirahasiakan.Bahwa pihaknya telah melaporkan dugaan pungli atau tindak pidana korupsi keuangan komite MAN 2 Padang kepada Direktur Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Sumatera Barat (24/03/2017) lalu.

” Kami sangat mendukung, karena memang sebelumnya Ombudsman juga menyarankan demikian dalam menindaklanjuti laporan dugaan mala administrasi dalam proses permintaan dana pendidikan oleh Komite MAN 2 Padang tersebut” tegasnya.

Hasilnya, permintaan pendanaan pendidikan oleh Komite kita minta untuk sementara dihentikan karena memang salah secara prosedur, tidak efesien dan tidak transparan. “Pihak sekolah tidak membuat Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM), Pengurus Komite ternyata telah menjabat hingga 12 tahun dan untuk itu kita minta dilakukan pergantian pengurus,” tambahnya.

Selain itu, Ombudsman juga menyarankan sebelum pergantian pengurus Komite, Komite yang lama harus menyampaikan leporan penggunaan dana Komite tahun sebelumnya di hadapan anggota komite”, sesuai dengan PP 48/2008 tentang Pendanaan Pendidikan.

Saran tersebut telah ditindaklanjuti oleh pihak Kemenag Kota Padang, Kepala Madrasah dan Komite, dalam merencanakan penggalangan dana komite Kepala Sekolah telah membuat RKAM, pengurus komite yang baru telah terbentuk. Hanya saja, komite yang lama gagal mempertanggung jawabkan keuangan dihadapan rapat komite, rapat komite mempertanyakan penggunaan uang komite mencapai Rp. 3,83 Miliar, ucapnya.

Pada titik ini, masyarakat mengeluhkan dugaan tindak pidana korupsi atas laporan pertanggungjawaban komite. Untuk itu melalui surat tertanggal 15 Maret 2017, Ombudsman telah menyampaikan surat hasil monitoring penyelesaian pengaduan ke Pelapor, yang dtembuskan kepada Kepala Kejaksaan Negeri Kota Padang.Tutupnya.[QQ]

Bagikan:
Baca Juga :  Usai Curi Rokok, Farfum dan Handbody, 2 Pemuda Ini Diciduk Polisi
Tags: , , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close