Optimalkan Media Tradisional Mendorong partisipasi Masyarakat Dalam Demokrasi Dan Pembangunan | Redaksi Sumbar

Optimalkan Media Tradisional Mendorong partisipasi Masyarakat Dalam Demokrasi Dan Pembangunan

Optimalkan Media Tradisional Mendorong partisipasi Masyarakat Dalam Demokrasi Dan Pembangunan Dibaca : 95 Kali
Bagikan:

BUKUTTINGGI, RedaksiSumbar.com – Dinas Komunikasi dan Informasi Sumatera Barat mengoptimalkan Media Tradisional untuk Mendorong partisipasi Masyarakat dalam Demokrasi dan Pembangunan. Hal tersebut merupakan salah satu upaya meningkatkan hasil potensi daerah masing-masing.

Kepala dinas komunikasi dan informasi sumbar, Yeflin Luandri, dalam sambutannya pada pembukaan Optimalisasi Media Tradisional Mendorong partisipasi Masyarakat Demokrasi dan Pembangunan di hall Badan Keuangan Daerah Bukittinggi, Selasa (9/5/2017) mengatakan media tradisonal merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dan pesan kepada publik.

“Jadi media tradisional ini sudah identik dengan media yang sudah merakyat seperti randai yang merupakan sarana komunikasi masyarakat di sumbar dan punya kekhasan tersendiri di setiap daerah. Ini dia salah satu urusan wajib kominfo,” jelasnya.

Selain itu, pertemuan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pelaksanaan media terbaik di sumbar yang akan mengikuti seleksi di tingkat propinsi dan pemenangnya akan ditus ditingkat nasional.

“Pertemuan ini secara bergilir di gelar karena setiap tahun media tradisional itu dilombakan. Bagaimana sebuah daerah dapat dikenal lebih dekat oleh masyarakat dengan perlu adanya media tradisional dengan mengangkat daerah itu melalui media tradisional,” ujarnya.

Sedangkan untuk kota Bukittinggi sendiri sudah dikenal sebagai kota pariwisata, jadi mari lebih mengangkat lewat media tradisional. Kira-kira produk apa atau tarian apa yg cukup dikenalkan dan brand kan. Kalau sudah branded dan sudah paten maka lakukan perlindungan produk.

“Mari manfaatkan komunikasi saat sekarang untuk menangkat media tradisional dengan internet untuk pengenalan yang lebih luas,” katanya.

Sedangkan menurut wakil walikota Bukittinggi,Irwandi mengungkapkan dampak informasi saat sekarang sangat luas. Ada nilai positif bahwa kebutuhan informasi saat ini bisa didapat dari mana saja dengan mudah melalui layanan internet.

Baca Juga :  Pendaftaran Pemilihan 'Bujang jo Gadih' Bukittinggi Ditutup

“Di sisi lain ini berhadapan dengan budaya kita bagaimana mempertahankan media tradisional agar dapat terus beperan menyampaikan peran. Di satu sisi media tradisional masih sangat dibutuhkan dimana masyarakat masih ingin menikmati kegiatan itu scara langsung. Hanya saja sekarang tantangannya¬† bagaimana menguatkan posisinya sesuai dengam kondisi dan perkembangan masyarakat,” jelasnya.

Di Bukittinggi ini terus berjalan dengan kegiatan setiap malam minggu di jam gadang dengan berbagai kebudayaan dan kesenian yang menunjukan media tradisional itu memang masih sangat dibutuhkan masyarakat.

“Hal demikan berdampak pada kunjungan wisatawan kedaerah Bukittinggi. Kegiatan ini tentunya diharapkan akan memperkaya para pelaku di media tradisional dan pemerintah setempat dan dapat menyikapinya melalui program yang membangun media tradisional,” tutupnya. [Debi Kurnia]

Bagikan:
Tags: , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close