Outlet IPAL PT RPSM Pasbar Disegel | Redaksi Sumbar

Outlet IPAL PT RPSM Pasbar Disegel

Outlet IPAL PT RPSM Pasbar Disegel
Tampak Kepala DLH Pasbar, Edi Busti (Kanan) didampingi pihak PT. RPSM dilokasi penyegelan dan polisi line. [Bisri Batubara]
Dibaca : 661 Kali
Bagikan:

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang bekerja sama dengan pihak kepolisian Resort (Polres) Pasaman Barat lagi melakukan penyegelan dan mempolisi line Outlet Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) terhadap Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Rimbo Panjang Sumber Makmur (RPSM), Rabu (26/4/2017).

Diperkirakan, PKS PT. RPSM yang beralamat di Rimbo Panjang, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Pasaman Barat itu tidak akan bisa melakukan produksi lebih dari sepekan. Pasalnya, air yang mengalir dari produksi pabrik tidak seimbang dengan kapasitas kolam limbah yang menampung air.

“Pabrik PT. RPSM harus secepatnya mengurus Izin Instalasi Pengelolaan Limbah Cair (IPLC) ke sungai, agar tidak terganggu dalam melakukan produksi pengolahan Tandan Buah Segar (TBS),” kata Kadis Lingkungan Hidup, Edi Busti, Kamis (27/4/2017).

Kita melaksanakan penyegelan dan mempolisi line bersam pihak kepolisian itu berdasarkan Peraturan Pemerintah No 82 tahun 2001 Pasal 37 tentang setiap penanggung jawab usaha dan atau kegiatan yang membuang air limbah ke air atau sumber air wajib mencegah dan menanggulangi terjadinya pencemaran air.

“Selain Pasal 37 juga lebih menjelaskan di Pasal 40 ayat 1 bahwa setiap usaha dan/atau kegiatan yang membuang air limbah ke air atau sumber air wajib mendapat izin tertulis dari Bupati/Walikota,” kata Edi Busti.

Sebelumnya kata Edi Busti, kemi juga telah menutup pipa buang IPLC PT. Agro Andalas Industri(AAI) yang jarak pabriknya dekat dengan PT. RPSM.

“Kita akan katakan salah kalau perusahaan PKS itu salah, tidak boleh main-main dengan aturan apalagi terkait masalah lingkungan,” tegas Edi Busti. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Baca Juga :  Tujuh Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit Di Pasaman Barat Tak Patuhi Aturan
Tags: ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close