Pabrik Kelapa Sawit PT. GMP Pasbar Diduga Buang Limbah Cair Ke Anak Air Mago Batang Pasaman

Pabrik Kelapa Sawit PT. GMP Pasbar Diduga Buang Limbah Cair Ke Anak Air Mago Batang Pasaman
Tampak dugaan limbah cair yang mengalir ke paret dari PKS PT. Gersindo Minang Plantations. [IST]
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Pabrik Kelapa Sawit PT. Gersindo Minang Plantations (GMP) diduga masih melakukan pembuangan limbah cair ke paret yang bermuara ke Anak Air Mago Batang Pasaman.

Menurut Ketua Basis SPI Tanjung Pangkal, Novriadi, kepada RedaksiSumbar.com, Selasa (14/11/2017) di Simpang Empat mengatakan Pabrik itu diduga masih melakukan pembuangan limbah ke paret.

“Kita saksikan langsung dilapangan, bahwa limbah cair pabrik PT. GMP masih buang ke paret yang ada di lokasi Land Aplikasi. Apakah ini dibolehkan,” tanya Novriadi.

Diminta kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan DPRD Komisi III Pasaman Barat agar turun kelapangan untuk melihat langsung. “Apabila DLH dan Komisi III turun kelapangan, kami dari SPI siap mendampingi,” tegasnya.

Dijelaskan Novriadi, dari pantauan disaat musim hujan, limbah cair itu mengalir ke paret, apakah disengaja atau disengaja, tentu perlu turun bersama kelapangan. “Kita berharap agar turun bersama kelapangan,” harapnya.

Setelah dikonfirmasi pimpinan PKS PT GMP melalui EHS, Dani, melalui telepon genggamnya mengatakan tidak tau, kalau limbah cair itu ada mengalir ke paret. “Kita aoan cek dulu kelapangan,” katanya singkat.

Secara terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pasbar melalui Kabid Pengawasan Dampak Lingkungan Pasaman Barat, Yulina Bakar, melalui telepon genggamnya menyarankan agar warga setempat itu membuat surat berupa kronologi yang disertai dokumentasi poto atau video.

“Dari surat itulah nantinya, kami dari DLH Pasbar turun ke lapangan untuk menindak lanjutinya,” sebutnya. [Bis]

Bagikan:
Tags: , , , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan