Pacu Jawi Di Ikuti Kapolres Tanah Datar AKBP Bayu Aji Yudha Prajas | Redaksi Sumbar

Pacu Jawi Di Ikuti Kapolres Tanah Datar AKBP Bayu Aji Yudha Prajas

Pacu Jawi Di Ikuti Kapolres Tanah Datar AKBP Bayu Aji Yudha Prajas
Kapolres Tanah Datar AKBP Bayu Aji Yudha Prajas berbincang dengan panitia acara usai Pacu Jawi. [Riadi]
Dibaca : 539 Kali
Bagikan:

TANAH DATAR, RedaksiSumbar.com – Kapolres Tanah Datar AKBP Bayu Aji Yudha Prajas ikuti acara pesta anak nagari Pacu Jawi di Padang Data, Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Rabu (28/06/2017).

Dari pantauan media, tanpa ada rasa ragu  orang nomor satu di Polres Tanah Datar itu langsung masuk gelanggang Pacu Jawi yang berlumpur. Pija

Kapolres Pasbar AKBP Bayu Aji Yudha Prajas sedang Pacu Jawi.

kan yang kokoh pada sebatang kayu sambil menggenggam kuat kendali, dua ekor jawi (sapi-red) dengan hitungan langsung pacu.

Sebelumnya, Kapolres yang suka dengan olahraga ekstrim itu memilih sepasang Jawi untuk pacu digelanggang pesta adat Pacu Jawi. Dari garis star sudah terlihat kalau Kapolres memang suka olah raga ekstrim.

Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayu Aji Yudha Prajas mengatakan olahraga tradisional Pacu Jawi ini bukanlah olahraga biasa, tapi memiliki resiko yang sangat tinggi. Karena, apabila tidak memiliki perhitungan dan ketrampilan yang cukup bisa saja terjadi patah tulang dan luka-luka.

“Jatuh dan terseret oleh Jawi adalah resiko yang paling utama, itu bisa menciderai sang joki apabila Jawi dalam posisi berlari kencang,” sebut Kapolres.

Ini olah raga yang memuaskan kata Kapolres, selain punya resiko tinggi juga mempunyai keasikan tersendiri.

“Sangat seru juga ini pengalaman pertama bagi saya pribadi. Tapi untuk arena sekarang ini, tingkat tantangan adrenalinnya masih datar, track masih terlalu pendek adrenalin baru mau naik eh turun lagi, sementara sayakan pengemar adrenalin tinggi,” ujar Kapolres.

Ia juga mengatakan, ada tekhnis khusus agar Jawi tersebut berlari kencang didalam lumpur. Yang biasa dilakukan joki adalah dengan mengigit ekor sapi.

“Agar Jawi berlari kencang, saya punya trik tersendiri, beda dengan yang lain. Testis sapi saya remas agar terkejut dan akan berlari kencang, tidak dengan digigit, itu tekhnis lama,” terang Kapolres.

Baca Juga :  Polres Pasbar Himbau Masyarakat Waspadai Aksi Copet Dan Kriminal Lainnya Saat Di Pasar Menjelang Lebaran

Selain bergurau, Kapolres Tanah Datar juga mengajak Dandim dan Kejari Tanah Datat untuk ikut Pacu Jawi dan juga mengajak kepala OPD Pemkab Tanah Datar untuk bisa meramaikan acara ini.

“Mari kita ramaikan pesta anak nagari ini, karena selain unik juga memiliki histori. Jadikan kegiatan ini sebagai ajang tali silaturrahmi,” pintanya. [Riadi/Bisri Batubara]

Bagikan:
Tags: , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close