Palembayan, 6 Unit Rumah Dilahab “Si Jago Merah” | Redaksi Sumbar

Palembayan, 6 Unit Rumah Dilahab “Si Jago Merah”

Palembayan, 6 Unit Rumah Dilahab “Si Jago Merah” Dibaca : 273 Kali
Bagikan:

AGAM, RedaksiSumbar.com – Enam unit rumah di Jorong Bamban, Nagari Ampek Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan dilahap si jago merah, Minggu malam (19/3/2017) sekitar pukul 21.30 WIB. Dari enam unit rumah semi permanen tersebut, 4 unit diantaranya habis terbakar dan 2 unit lainnya merembes ke sebagian dapur dan loteng.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun kerugian ditaksir mencapai 250 juta rupiah,” ujar kepala bidang Pemadam Kebakaran Agam, Yunaidi.

Api diduga berasal dari dapur Rumah Gadang Pasukuan Tanjung yang dihuni oleh Wahidin, 67.  Warga sekitar yang melihat kobaran api dari rumah Wahidin langsung menginformasikan ke tetangga terdekat.

“Warga segera mengambil tindakaan pertolongan, namun rumah kayu memudahkan si jago merah melalap sampai 4 unit, beruntung 2 unit lainnya dapat diselamatkan, walau api juga sempat menjilat dinding dan loteng rumah,” bebernya.

Belajar dari pengalaman tersebut, Yunaidi menyarankan setiap nagari mengalokasikan pompa air darurat untuk berjaga-jaga. “Nagari perlu menyiapkan pompa apung atau motor pompa air keliling yang dapat dipergunakan memadamkan api di saat darurat,” ulasnya.

Dihubungi terpisah, Camat Palembayan, Ade Harlien menyebut dua unit damkar yang merapat ke lokasi sempat kesulitan karena akses jalan yang rusak. Beruntung, warga turut membantu memadamkan api dari sumber air yang berjarak sekitar 300 meter dari lokasi kejadian.

“Sebelum mobil damkar sampai ke lokasi, warga sudah bergotong royong memadamkan api dengan sumber air pamsimas dan peralatan seadanya,” katanya. [Loni Hendri]

Bagikan:
Baca Juga :  Kompor Gas Meledak, Kedai Ini Nyaris Terbakar
Tags: , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close