Panitia Pembentukan Kabupaten Pasaman Utara Masuki Tahap Administrasi

Panitia Pembentukan Kabupaten Pasaman Utara Masuki Tahap Administrasi
Rapat perdana panitia pemekaran Kabupaten Persiapan Pasaman Utara di Gugung Pioner. [Bisri Batubara]
Bagikan:

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Panitia Pemekaran Kabupaten Persiapan Pasaman Utara gelar rapat perdana di Water Boom Gugung Pioneer, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Minggu (9/7/2017).

Turut hadir dalam rapat perdana tersebut, H. Agus Susanto, tokoh masyarakat dari enam Kecamatan Pasaman Barat bagian Utara, tokoh agama, tokoh adat, pemuda serta perwakilan masyarakat dari enam kecamatan.

“Rapat kurang lebih 3 jam lamanya itu memutuskan sebagai kantor Sekretariat Pemekaran Kabupaten Persiapan Pasaman Utara bertempat di Kedai Kopi H.Iyeh (Meja Hijau) pusat pasar Ujung Gading,” kata salah seorang tokoh muda, Suhron, Selasa (11/7/2017) kepada RedaksiSumbar.com melalui pesan Whatsapp miliknya.

Selain itu kata Suhron, Panitia Pemekaran membuat surat permohonan audiensi ke Delapan Walk Nagari di Pasaman Barat bagian Utara sekalian ke Ketua Badan Permusyawaratan (Bamus) Nagari juga kepada Ketua Kerapan Adat Nagari (KAN) yang berada di lingkungan Enam kecamatan.

“Sebelum melayangkan surat permohonan audiensi itu kepada pihak kecamatan, Wali Nagari, Bamus dan KAN, surat tersebut ditelaah terlebih dahulu oleh H, Agus Susanto dan ketua panitia pemekaran Drs.Hasbi Sani,” terang Suhron.

Didalam rapat itu juga kata Suhron, panitia menyiapkan dengan baik dan benar syarat-syarat yang menjadi dasar legitimasi persiapan Kabupaten Pasaman Utara seperti Fisik, Potensi dan Administrasi.

“Jumlah Kecamatan, Infrastruktur yang melipiti sarana Pendidikan, Sarana Keaehatan, Ekonomi, Soaial, Budaya, Adat Istiadat dan Keamanan dan juga dilengkapi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM),” rinci Suhron.

Adapun sebagai kelengkapan administrasi yang meliputi, Legitimasi Bamus & Wali, Legitimasi DPRD & Bupati, Legitimasi DPRD PROV. & Gubernur, Legitimasi pemerintah pusat yaitu Kemendagri & DPR-RI.

“Semua persyaratan itu sudah tercantum dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah & PP Nomor 78 Tahun 2007 tentang Penggabungan, Penghapusan dan Persiapan Provinsi/kabupaten/kota,” urai Suhron.

Bagian Humas Panitia pemekaran Kabupaten Persiapan Pasaman Utara, Arsalan, pernaha mengatakan bahwa diharapkan untuk terus menambah referensi dalam persiapan syarat-syarat menuju Kabupaten Persiapan Pasaman Utara.

“Kita selaku panitia akan segera meminta buku atau laporan Kabupaten Pasaman Barat dalam angka,” jelas Arsalan.

Diharapkan Arsalan, jangan berargument di Media Sosial (Medsos) yang sifatnya menyakiti dan merugikan orang ataupun masyarakat umum. “Mari kita bersinergi untuk mencapai tujuan kita adalah Kabupaten Pasaman Utara,” tegas Arsalan. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Tags: , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan