Partai Nasdem Bukittinggi Buka Pendaftaran “BACALEG 2019” untuk Umum | Redaksi Sumbar

Partai Nasdem Bukittinggi Buka Pendaftaran “BACALEG 2019” untuk Umum

Partai Nasdem Bukittinggi Buka Pendaftaran “BACALEG 2019” untuk Umum Dibaca : 560 Kali
Bagikan:

BUKITTINGGI, RedaksiSumbar.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kota Bukittinggi membuka kesempatan umum yang seluas-luasnya kepada warga masyarakat Kota Bukittinggi untuk ikut menjadi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari Partai Nasdem  pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang.

Ketua DPD Partai Nasdem Kota Bukittinggi Ir. Alfian saat di temui mengatakan, dalam rangka menghadapi Pemilu Legislatif (Pileg) pada tahun 2019 mendatang, pengurus DPD Nasdem Kota Bukittinggi mulai mempersiapkan diri dengan merekrut Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari Partai Nasdem dengan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada masyarakat umum yang berdomisili di Kota Bukittinggi.

“Kepada tokoh masyarakat, niniak mamak, bundo kanduang, pemuda-pemudi, maupun wiraswasta yang ingin maju pada Pileg 2019 nanti, dimana selama ini tidak punya kendaraan (partai) ataupun bukan kader partai, Pengurus Partai Nasdem Kota Bukittinggi siap untuk menjembatinya  melalui perekrutan Bacaleg dari Partai Nasdem ini,” katanya.

Ia menambahkan, pendaftaran bagi Bacaleg itu akan berlangsung selama 15 hari  mulai tanggal 1 sampai dengan 15 Maret 2017 ini, di Kantor DPD Partai Nasdem Kota Bukittinggi, Jalan Prof. Hamka No. 5 Gurun Panjang Bukittinggi. Dengan  persyaratan; umur minimal 21 tahun dan membawa poto copy KTP, Kartu Keluarga, dan ijazah terakhir minimal SLTA/sederajat.

Alfian menegaskan, dalam melakukan perekrutan Bacaleg Partai Nasdem ini, tidak akan ada pungutan dalam bentuk apapun termasuk mahar politik yang dilakukan kepada seluruh peserta program Bacaleg.

“Jika ada pihak yang memberi dan menerima pungutan/mahar politik dalam  proses Bacaleg ini, maka yang bersangkutan akan didiskualifikasi dari proses Bacaleg dan diberhentikan dari keanggotaan Partai Nasdem,” tegasnya.

Sekretaris DPD Partai Nasdem Kota Bukittinggi, Asril, S.E menambahkan, untuk menindaklanjuti Peraturan Organisasi (PO) Partai NasDem No.001-PO/DPP-NasDem/I/2017 tentang Bakal Calon Legislatif Pemilu 2019, maka diadakan program Bacaleg yang merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengerakkan kader dan non kader untuk diseleksi menjadi Calon Anggota Legislatif dari Partai NasDem.

Baca Juga :  Selesai Dibangun, Kadis PU Pessel Serahkan Kunci Auditorium Rapat DPRD

“Jadi Bacaleg itu ialah kader partai maupun bukan kader partai  yang mencalonkan diri melalui Partai Nasdem dan mengikuti program Bacaleg,” tambah Asril.

Asril menyampaikan, Partai Nasdem bukanlah partai Ekslusif, dimana kita tidak hanya mengusung kader maupun pengurus, tetapi kita membuka ruang kepada masyarakat secara umum untuk mendaftarkan diri menjadi Bacaleg Partai Nasdem, tentunya dengan catatan punya misi dan visi yang sama dengan partai.

“Partai Nasdem DPD khusus DPD Kota Bukittinggi menginginkan pada tahun 2019 menjadi partai pemenang. Untuk itu besar harapan pengurus, tokoh-tokoh masyarakat yang sangat kritis terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah maupun partai dan tidak tergabung di dalam sebuah partai, marilah kita sama-sama bergabung dan berjuang di Partai Nasdem, sehingga perubahan-perubahan restorasi Indonesia bisa kita wujudkan demi Indonesia, khususnya Bukittinggi kedepan,” ujar Asril yang juga merupakan anggota DPRD Kota Bukittinggi itu.

Sementara Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD Partai Nasdem Kota Bukittinggi M. Rizal menjelaskan, tahapan Bacaleg Partai Nasdem meliputi pendaftaran program Bacaleg ini dimulai dari tanggal 1 sampai 15 Maret 2017, guna melakukan penjaringan terhadap setiap orang yang memiliki potensi menjadi calon legislatif dan penjaringan terhadap perempuan yang potensial guna memenuhi persyaratan kuata minimal 30 % perempuan dari jumlah peserta.

Dilanjutkan seleksi dan penetapan peserta program Bacaleg pada tanggal 16 sampai dengan 31 Maret 2017, kemudian riset/survey Bacaleg dan penentuan Caleg pada Januari 2018 serta serta penetapan DCS dan penyerahan ke KPUD.

“Selain itu, untuk menjaga Indenpensi rekrutmen seleksi Bacaleg , Ketua Bapilu tidak dibolehkan ikut dalam proses pencalegkan tersebut,” jelas M. Rizal. [DKP] 

Bagikan:
Tags: ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close