Pasbar Bakal Miliki Mesjid Megah

Pasbar Bakal Miliki Mesjid Megah
Ket poto - Tampak gambar perencanaan mesjid agung Pasaman Barat. (Konsultan)
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, merealisasikan pembangunan lanjutan Masjid Agung Pasaman Barat yang berada di Kecamatan Pasaman. Dulunya, kawasan ini sebagai kawasan perkantoran Pemkab Pasbar. Pembangunan masjid ini, ditargetkan selesai sampai akhir Desember mendatang.

Wakil Bupati Pasaman Barat, H. Yulianto. SH mengatakan, masjid ini berdiri di lahan seluas lebih kurang satu hektar. Bangunan intinya yaitu, masjid, Landscape dan Pagar. Masjid ini kedepannya menjadi pusat penyebaran Islam di Kabupaten Pasaman Barat.

Ket poto – Tampak bagunan mesjid agung Pasaman Barat lanjitan. (Bisri Batubara)

“Kita ingin, memiliki fasilitas keagamaan yang nyaman dan lengkap,” ujar Yulianto.

Saat ini, pembangunan Mesjid Agung Pasaman Barat sudah dimulai. Targetnya, akhir tahun beres. Supaya, awal tahun 2019 ini bangunan tersebut bisa segera diresmikan dan dipakai oleh masyarakat.

Kadis PUPR Pasaman Barat, Ahdiyarsyah. ST. MT.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pasaman Barat, Ahdiyarsyah. ST. MT, mengatakan selain bangunan inti (masjid) kawasan ini akan terintegrasi dengan Landscape dan pagar.

“Masjid ini, diperuntukan bagi kegiatan masyarakat,” ujar Ahdiyarsyah, Jum’at (7/9/2018).

Ket poto – Tampak pembangunan pagar mesjid agung Pasaman Barat. (Bisri Batubara)

Anggaran untuk pembangunan masjid ini, mencapai Rp 8,5 miliar. Sudah dilelangkan. Serta, pemenang lelangnya sudah ada. Makanya, pembangunan masjid ini dikebut harus tuntas sampai akhir tahun.

“Pembangunan Mesjid Agung Pasaman Barat harus selesai untuk tahap pembangunan sekarang. Agar, tahun 2019 bisa dimanfaatkan untuk fasilitas keagamaan dan bisa dilanjutkan lagi penyiapan taman atau Landscape,” sebutnya.

Ditambahkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Febrianto. ST, pada pembangunan Meajid Agung Pasaman Barat itu melibatkan tiga kontraktor atau rekanan pada tahun 2018 ini berdasarkan hasil pelelangan di Bagian Unit Layanan (BLP) LPSE Pasaman Barat. Agar, pembangunan itu selesai sesuai target.

PPK pembangunan Mesjid Agung Pasaman Barat, Febrianto. ST (Bisri Batubara)

“Tiga kontraktor yang mengerjakan pembangunan Mesjid Agung Pasaman Barat yaitu untuk Meajid PT. Arjuna Tiga Selaras, Landscape PT. Mulya Multiartha Corporindo dan Pagar CV. Maltaff Garis Harmoni serta sebagai Konsultan Prencana yaitu CV Rancang Bangun Mandiri dan sebagai Konsultan Pengawas yaitu PK Delta Arsitektur,” terang Febrianto.

Dengan adanya Masjid Agung ini, diharapkan Pasaman Barat jauh lebih Islami lagi. Selain itu, masyarakat juga memiliki fasilitas keagaman yang islami dan taman ruang hijau.

Ket poto – Tampak plang proyek pekerjaan pembangunan mesjid agung Pasaman Barat. (Bisri Batubara)

“Insyaallah harapan masyarakat Pasaman Barat terkabul dan Pasaman Barat lebih islami serta memiliki taman ruang hijau untuk bermain,” ujarnya.

Disamping itu pernah dikatakan salah seorang rekanan, Amrizal, mengatakan bekerja sesuai spek yang ada. Dan kita dikejar waktu agar sampai pekerjaan selesai tepat waktu.

“Niat kita ikhlas dalam melaksanakan pekerjaan, kita kejar sampai waktu yang ditentukan selesai,” ujarnya.

Ket poto – Tampak alat berat exscavator sedang melakukan pemerataan lahan untuk landscape mesjid agung Pasaman Barat. (Bisri Batubara)

Ditambahkan Maiyusrizal, salah seorang pelaksana pekerjaan mengatakan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami untuk mengerjakan pembangunan ini.

“Kita akan bekerja sesuai aturan yang ada. Agar, sarana keagamaan ini selesai tepat waktu dan sudah termanfaatkan ditahun 2019 nanti,” ucapnya. (Red)




Bagikan:
Topik: ,
Loading...