Pasbar Dikunjungi Peserta Diklat PIM II LAN Provinsi Aceh

Pasbar Dikunjungi Peserta Diklat PIM II LAN Provinsi Aceh
Peserta Diklat PIM II Provinsi Aceh poto bersama dengan Bupati Pasaman Barat, Syahiran, sebelum bertolak ke Aceh. [Bisri Batubara
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Kecamatan Talamau dan Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat dikunjungi Angkatan ke-43 Diklat Kepemimpinan (PIM) II dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Provinsi Aceh. Kunjungan ini dalam rangka kegiatan Visitasi Nasional dan orientasi lapangan.

Edi Murdani, S.H, selaku peserta Diklat PIM II LAN Provinsi Aceh kepada RedaksiSumbar.com, Senin (10/4/2017) mengatakan jumlah peserta Diklat PIM II LAN Provinsi Aceh ini 19 orang yang terbagi di Dua Kecamatan.

“2 orang selaku penyelenggara dan 7 orang sebagai peserta di tempatkan di Kecamatan Talamau. Begitu juga di Kecamatan Gunung Tuleh, 2 orang sebagai penyelenggara dan 8 orang sebagai peserta,” terang Edi Murdani.

Dijelaskan Edy Murdani, adapun kunjungan ke Kecamatan Talamau itu berada di Jorong Benteng, Nagari Sinurut dan di kecamatan Gunung Tuleh berada di Jorong Guo, Nagari Rabijonggor. Di kedua Kecamatan itulah peserta Diklat PIM II melakukan Visitasi Nasional.

“Pengalaman, melihat, mendalami, menganalisis permasalahan dan kondisi nyata apa yang ada di daerah tersebut. Karena ini salah satu tujuan dari pada kegiatan Visitasi Nasional,” sebut Edi Murdani.

Lanjutnya, tujuan Visitasi Nasional juga bisa menumbuhkan kepekaan dan kepedulian terhadap kondisi sosial ekonomi, fisik dilevel masyarakat melalui gagasan ide inovasi yang cocok bagi peningkatan kwalitas dibidang tertentu seauai kebutuhan nyata didaerah tersebut.

“Memberikan keterampilan inovasi yang merupakan kegiatan dari proses pembelajaran untuk memperkaya wawasan dan pemikiran peserta dalam penyusunan tugas individual kami berupa proyek perubahan di instansi masing-masing,” sebut Edi Murdani.

Di Jorong Benteng, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau masih banyak yang perlu dibenahi, seperti insfrtruktur dan kawasan wisata serta penyelamatan kawasan hutan yang ada di daerah itu.

“Ini perlu perlu pembenahan daerah dalam jangka waktu tertentu demi kesejahteraan masyarakat, apalagi di Nagari Sinuruik ini masyarakatnya mayoritas petani,” kata Edi Murdani.

Disamping itu perlunya pengelolaan dan promosi kesenian anak nagari serta peningkatan potensi perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan perempuan.

“Kita juga kagum akan keramahan penduduk dan juga apresiasi buat perangkat Nagari dan Kecamatan yang ada di daerah itu,” sebut Edi Murdani.

Kegiatan Diklat PIM II LAN Provinsi Aceh ini dilaksanakan sejak tanggal 3 – 8 Agustus 2017.

“Sebelum peserta Diklat PIM II LAN Aceh bertolak ke Provinsi Aceh, seluruh peaerta melakukan temu ramah dengan Bupati Pasaman Barat, Syahiran, di rumah dinas Bupati,” kata Edi Murdani. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Tags: , , , , , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan