Pedagang di Maninjau Cari Pensi ke Luar Daerah

Pedagang di Maninjau Cari Pensi ke Luar Daerah
Pencari pensi tengah membersihkan hasil tangkapan sebelum diproses lebh lanjut. (Jeni Saputra Nanda)
Bagikan:




AGAM, RedaksiSumbar.com – Pencemaran yang terjadi di Danau Maninjau membuat sejumlah pedagang pensi mencari bahan baku makanan tersebut ke daerah lain seperti Bukittinggi dan Lubuk Basung.

Seperti yang dialami oleh Erna Wati, 42, warga Jorong Tanjung Alai, Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

“Dulunya saya mencari pensi bersama sang suami, karna pendapatan pensi sekarang ini sangat sedikit namun suami memutuskan untuk pergi merantau untuk mengadu nasib sebab kalau hanya mencari pensi tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan sehari-sehari lagi,” tuturnya saat ditemui, Kamis, 29 Maret 2018 pagi.

Berita terkait : Pencemaran Danau Maninjau Rugikan Pedagang Kuliner

Sat ini, dirinya hanya bisa mendapatkan pensi sebanyak 10 hingga 15 liter per harinya. Sebelum terjadinya pencemaran biasanya Erni mendapatkan pensi dari 20 liter hingga 25 liter sehari.

“Saya menjual pensi ke penadah pensi di Maninjau dengan per liternya Rp 5 ribu, dari penadah pensi tersebut akan dijual selain ke pasar di sekitar Maninjau, pensi juga dijual hingga keluar daerah seperti Pekanbaru,” ucapnya. [JNS]




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...