Peduli Kebersihan, Ratusan Siswa SMA PGRI 1 Padang Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Pantai Padang | Redaksi Sumbar

Peduli Kebersihan, Ratusan Siswa SMA PGRI 1 Padang Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Pantai Padang

Peduli Kebersihan, Ratusan Siswa SMA PGRI 1 Padang Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Pantai Padang Dibaca : 661 Kali
Bagikan:

PADANG, RedaksiSumbar.com – Ratusan pelajar SMA PGRI 1 Padang, Sumatra Barat, Sabtu pagi ( 28/01/17) melakukan aksi bersih-bersih di Kawasan Muaro Lasak, Pantai Padang.

Tak kurang 300 pelajar di tambah 60 guru melakukan pemungutan sampah yang berserakan di Kawasan Tugu Merpati Perdamaian yang terletak di Kecamatan Padang Barat tersebut.

Kegiatan yang di awali pada pukul 08.00 WIB tersebut juga di hadiri oleh Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah. Dalam arahannya, Mahyeldi menyampaikan apresiasi atas kegiatan aksi bersih-bersih di Kawasan Wisata Muaro Lasak, Pantai Padang tersebut.

“Kita berterimakasih kepada SMA PGRI 1 Padang yang telah memilih kegiatan bersih-bersih sampah di Pantai Padang dalam rangkaian kegiatan HUT SMA PGRI 1 yang ke-39 tahun. Kita berharap, mudah-mudahan ini menambah kecintaan generasi muda kita dalam kepeduliannya terhadap lingkungan,” ujarnya.

Mahyeldi juga menghimbau masyarakat Kota Padang untuk mengendalikan diri agar tidak membuang sampah sembarangan. Jika ada orang lain yang membuang sampah seenaknya, tolong ingatkan kepada mereka agar membuang sampah pada tempatnya. Jika ini dapat dilaksanakan, insya Allah Kota Padang akan bersih dan akan teratur, tambahnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA PGRI 1 Padang, Dr. Letfariasmi mengungkapkan kebanggaannya terhadap ikon pariwisata di Kota Padang ini yang telah banyak mengalami kemajuan.

“Kami bangga dengan keadaan Kota Padang saat ini yang sudah ada perubahan. Tempat rekreasinya sudah banyak, dan sangat indah. Hanya saja masih ada sedikit sampah yang merusak keindahan tersebut.  Kita akan menanamkan kesadaran kepada anak-anak kita agar melihat sampah itu seperti melihat musuh. Kita ajak begini semoga mereka bisa mengajak teman mereka dalam kepedulian sosial khususnya bidang kebersihan,” Ujar Dr. Letfariasmi.

Dipilihnya Kawasan Muaro Lasak, Pantai Padang dalam aksi bersih-bersih tersebut dikarenakan Kawasan Muaro Lasak merupakan tempat berdirinya Tugu Merpati Perdamaian adalah titik hot spot rekreasi warga Kota Padang sendiri maupun pelancong dari luar daerah, tambahnya.

Baca Juga :  Parade Baju Kuruang Basiba Tercatat dalam Rekor MURI

“Kami mengucapkan terimakasih kepada SMA PGRI 1 Padang yang telah melakukan kegiatan ekstrakulikulernya dengan aksi bersih-bersih ini. Suatu peranan oleh kalangan pendidikan, mudah-mudahan kedepan tetap kita tingkatkan kerja sama ini,” tambah Azwin, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, yang juga ikut memantau kegiatan tersebut.

Dijelaskannya, sejak tahun 2016 lalu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang telah membuka komunikasi dengan lembaga atau masyarakat untuk menjaga kebersihan Pantai Padang. Peran serta masyarakat untuk menjaga dan meningkatkan kebersihan Pantai Padang sangat diharapkan. Yakni dari Kawasan Muaro Padang sampai ke Pantai Belakang Hotel Pangeran.

“Kita akan ajak seluruh sekolah di Padang untuk melakukan aksi bersih-bersih di Pantai Padang ini, meski sudah ada 70 petugas kebersihan pantai. Mulai dari Pantai Air Manis hingga Kawasan Muaro Lasak. Selain itu, kita berharap kepada para pengunjung untuk dapat mengajak pengunjung lain agar membuang sampah pada tempatnya. Jika tidak ada ketemu tempat sampah, silahkan simpan di kantong atau kendraan terlebih dahulu, demi keindahan Kota Padang yang kita cintai ini,” ulasnya.

[Tim Liputan]

Bagikan:
Tags: , , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close