Pelestarian Budaya Dimulai Dari Usia Dini

Pelestarian Budaya Dimulai Dari Usia Dini
Salah satu pagelaran seni yang ditampilkan dalam kegiatan apresiasi seni Taman Budaya. (Elfitos)
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Mempertahankan kebudayaan asli suatu daerah di tengah gempuran teknologi saat ini bisa dibilang bukan merupakan perkara mudah.

Jika tak cepat dilestarikan, maka kebudayaan disebut akan bisa menghilang dan tergantikan oleh kebudayaan dari luar dan teknologi yang semakin canggih. Sedari dini para generasi masa depan harus dibekali dengan pemahaman budaya yang cukup.

Mensiasati itu semua, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya (Tambud) Sumatera Barat menggalakkan program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GMSS) yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

“Tujuan kita dalam melibatkan anak sekolah untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak sekolah dalam melatih diri mereka untuk berkesenian dengan seni budaya daerah, lalu untuk menambah dan memupuk semangat apresiasi dan apresiator seni,” kata Kepala UPTD Tambud Sumbar, Muasri, Sabtu, 10 Maret 2018.

Menurutnya, Taman Budaya merupakan mediator dan fasilitator antara pelaku seni dengan masyarakat banyak.

“Taman Bidaya juga wadah berkumpulnya para seniman yang selalu memberikan ruang gerak kepada pelaku seni untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam melahirkan karya seni,” ujarnya.

Pagelaran apresiasi seni tersebut diikuti oleh SMA Negeri 1 Lubuk Alung yang menampilkan seni pertunjukan yang dikemas dalam Budaya Padang Pariaman, MAN 2 Padang menampilkan Musikalisasi Puisi, Silek Garda dan Nyanyian Nasyid, sedangkan SMP Pertiwi 2 Padang menampilkan Dramatisasi Puisi, Nyanyian Solo dan Komposisi Musik Tradisi Hoyak Anak Nagari. [EFT]




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...