Pelestarian Kesenian Minang Butuh Perhatian Pemerintah | Redaksi Sumbar

Pelestarian Kesenian Minang Butuh Perhatian Pemerintah

Pelestarian Kesenian Minang Butuh Perhatian Pemerintah Dibaca : 320 Kali
Bagikan:




PESISIR SELATAN, RedaksiSumbar.com – Sekelompok pemuda dan pemudi, di Kenagarian Rawang Gunungmalelo, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengelar berbagai kegiatan dan perlombaan kesenian adat Minangkabau, di daerah itu.

Gerakan sekelompok anak muda ini, dikumpulkam dalam sebuah Sanggar yang diberi nama Sanggar Arai Pinang. Sanggar ini telah berumur 6 tahun. Bergerak secara sukarela, serta dengan bantuan partisipasi dari lapisan masyarakat setempat.

Memasuki umur ke-6 tahun, dan untuk memacu semangat muda lebih memperhatikan kesenian adat Minangkabau yang ada di daerah ini. Mereka pun menggelar berbagai kegiatan serta perlombaan yang berhubungan dengan kesenian adat yang terdapat di daerah ini, seperti perlombaan Rabab Pasisie dan Lagu Minangkabau serta penampilan Randai.

“Kegiatan ini, sudah masuk tahun ke-6 kita laksanakan, sesuai dengan usia sanggar yang kita bentuk. Karena tekat kita membangun Sanggar untuk melestarikan kesenian dan budaya, jadi kami menggelar perlombaan kesenian seperti tahun ke-6 ini,” sebut Ketua Panitia Festival Rabab, Sanggar Arai Pinang, Zul Efendi di tengah persiapan pembukaan kegiatan mereka.

Ia mengatakan, kegiatan ini dirancang dan disusun secara sukarela tanpa mengutamakan bantuan finasial dari pemerintah daerah. Bahkan anak-anak sanggar ini mencoba secara berangsur-angsur mengumpulkan kas iyuran serta mencari sumbangan dari berbagai donatur.

“Sanggar kita, ada dana khas. Dan lalu, kita juga cari dukungan dari donatur, bahkan pemerintah daerah, meski alakadarnya saja. Tapi, alhamdulillah sudah ada perhatian,” ujarnya.

Semantara itu, tokoh TP-PKK Pessel, Lisda Hendrajoni mendukung semangat para pemuda-pemudi ini. Sebab, kegiatan yang mereka lakukan merupakan salah satu cara melestarikan kesenian Minangkabau. Hal itu harus menjadi perhatian, terhadap OPD-OPD dalam mengembangkan program daerah.

Baca Juga :  Pelaku Pencurian Alat Sistem Peringatan Dini Tsunami Pessel Ditangkap

Ia pun berharap, untuk kedepannya setiap kegiatan pemuda-pemudi nagari ini bisa dimasukan dalam anggaran pemerintah daerah. Supaya motivasi anak-anak nagari ini bisa terus terpacu untuk melestarikan kesenian yang terdapat di negeri seribu pesona tersebut. [Rega Desfinal/Bayu]

Bagikan:
Tags: , , , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close