Pembangunan Infrastruktur Pulau Sirandah Dijadwalkan Rampung Akhir Tahun Ini | Redaksi Sumbar

Pembangunan Infrastruktur Pulau Sirandah Dijadwalkan Rampung Akhir Tahun Ini

Pembangunan Infrastruktur Pulau Sirandah Dijadwalkan Rampung Akhir Tahun Ini Dibaca : 1075 Kali
Bagikan:

PADANG,RedaksiSumbar.com – Sebagai pulau terluar dari batas wilayah Kota Padang, salah satu pulau yang dimiliki “Kota Bingkuang”, Pulau Sirandah akan menjadi salah satu objek wisata baru kunjungan wisatawan yang ingin menikmati suasana berlibur di sebuah pulau.

Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu pembangunan infrastruktur dan sanitasi yang memadai agar pulau tersebut semakin indah dan nyaman untuk wisatawan yang berlibur dan menginap di tempat tersebut. Hal inilah yang akan dilakukan oleh pengembang swasta, PT. Wisata Bahari Monetization Of Global Sharing Benefit (MGSB).

Perusahaan yang bergerak di bidang komoditi ekspor dan pariwisata ini tertarik untuk mengelola pulau yang selama ini belum terjamah tersebut untuk menjadi sebuah objek wisata yang terbuka untuk umum. Hal tersebut diutarakan langsung oleh Direktur PT Wisata Bahari MGSB, Aska Bernando kepada sejumlah awak media di Pulau Sirandah, Sabtu (4/2) sore.

“Kami telah bekerjasama dengan pihak Pemerintah Kota (Pemko) Padang untuk mengelola pulau terluar ini. Untuk tahap awal, kami akan fokus pada pembenahan infrastruktur dan sarana prasarana yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh wisatawan,” ucap Aska.

Dijelaskan pria berkacamata tersebut, nantinya pulau tersebut akan dibagi menjadi dua bagian, bagian depan dan belakang. Bagian depan sendiri akan digunakan untuk objek wisata bagi wisatawan dalam negeri dan bagian belakang untuk turis mancanegara.

“Dengan luas pulau yang mencapai 10 hektar, belum semua kami garap secara utuh, karena pulau ini nantinya akan dibangun cottage yang berjumlah 10 unit dan sebuah restoran untuk wisawatan dalam negeri. Sementara untuk para turis dari luar negeri, nantinya akan kita sediakan juga sejumlah resort di bagian belakang pulau. Namun saat ini, kami akan fokus pada penyelesaian infrastruktur dan sarana prasarana di bagian depan pulau terlebih dahulu. Target penyelesaian pada pertengahan akhir tahun nanti,” paparnya.

Baca Juga :  Operasi Cipta Kondisi, Polresta Padang Amankan 28 Pengunjung di Lokasi Hiburan Malam

Pantauan di pulau tersebut, meskipun pulau dengan nilai investasi awal yang mencapai Rp 2 milyar tersebut dalam pengerjaan, niat wisatawan untuk merasakan sensasi berlibur di pulau yang tidak ada perbukitan tersebut cenderung tinggi dan meningkat.

“Ini yang membuat kami yakin dan optimis pulau ini akan menjadi salah satu destinasi tujuan wisata ke pulau bagi masyarakat Sumatera Barat, meskipun baru dikelola selama tiga bulan belakangan ini. Selain untuk mendongkrak taraf kehidupan masyarakat setempat, langkah ini diambil juga sebagai ajang promosi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang,” terang Aska.

Untuk mencapai pulau tersebut, pengunjung dapat menggunakan kapal perahu fiber maupun biasa dari kawasan Sungai Pisang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung dengan jarak tempuh 12 menit dengan tarif Rp 50 – 100 ribu per kepala. Harga tiket masuk bagi wisatawan sendiri tergolong murah, yakni Rp 30 ribu.

“Pengunjung juga dapat membawa tenda penginapan dengan biaya peminjaman tempat Rp 20 ribu. Setidaknya ada empat sampai lima unit kapal fiber dengan kapasitas paling banyak 10 orang dan 40 orang untuk kapal umum,” tutupnya.

[adl]

 

Bagikan:
Tags: ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close