Pemkab Pasaman Barat Segel Pipa Buang Limbah PT AAI

Pemkab Pasaman Barat Segel Pipa Buang Limbah PT AAI
DLH dan Anggota Polres Pasaman Barat sedang memasang Polisi Line di Box pipa buang limbah. [Bisri Batubara]
Bagikan:

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Pipa pembuangan atau by pass limbah cair ke sungai Pabrik Kelapa Sawit (PKS)  PT. Agro Andalas Industri (AAI) akhirnya disegel oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat. Pasalnya, PT. AAI yang tanpa kebun kelapa sawit inti itu tidak memiliki Izin Instalasi Pengelolaan Limbah Cair (IPLC).

Penyegelan dan mempolis line pipa buang limbah cair ke sungai itu dilakulan pada Selasa (25/4/2017) oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Pihak Polres Pasaman Barat.

“PKS PT. AAI sudah melanggar UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang pengendalian dan pengelolaan lingkungan hidup,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat (DLH Pasbar), Edi Busti, Selasa (25/4/2017) di Simpang Empat.

Selain dari pada itu, PKS PT. AAI juga diduga mengangkangi Peraturan Menteri LH nomor 01 tahun 2010 tentang tata laksana pengendalian pencemaran air dan Permen LH No 5 tahun 2014 tentang baku mutu air limbah.

“Setiap PKS itu juga wajib mematuhi Peraturan Pemerintah No 82 tahun 2001 Pasal 37 dijelaskannya bahwa setiap penanggung jawab usaha dan atau kegiatan yang membuang air limbah ke air atau sumber air wajib mencegah dan menanggulangi terjadinya pencemaran air dan Pasal 40 ayat 1 lebih menjelaskan bahwa setiap usaha dan/atau kegiatan yang membuang air limbah ke air atau sumber air wajib mendapat izin tertulis dari Bupati/Walikota,” katanya. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan