Pemkab Pasaman Barat Serahkan Sertifikasi Hak Atas Tanah Kepada Petani | Redaksi Sumbar

Pemkab Pasaman Barat Serahkan Sertifikasi Hak Atas Tanah Kepada Petani

Pemkab Pasaman Barat Serahkan Sertifikasi Hak Atas Tanah Kepada Petani
Bupati Pasaman Barat, Syahiran menyerahkan secara simbolis sertifikasi hak atas tanah kelompok petani budidaya ikan
Dibaca : 239 Kali
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat serahkan Sertifikasi Hak Atas Tanah Pembudidaya Ikan yang tergabung dalam Kelompok Tani Perikanan di Pasaman Barat. Penyerahan sertifikasi itu dilakukan oleh Bupati Pasaman Barat, Syahiran di halaman kantor Bupati setempat.

“Dengan adanya sertifikasi tanah ini, semoga para pembudidaya bisa menggunakannya untuk pengembangan usaha ke lebih maju lagi,” kata Kadis Perikanan Pasaman Barat, Arial Efendi, kepada RedaksiSumbar.com, Sabtu (22/4/2017).

Untuk tahap pertama ini, sertifikasi tanah baru 50 persil dan yang sedang proses lebih kurang 100 persil lagi. Semoga tahun ini semuanya terealisasi dan bisa digunakan.

“Kita berharap kepada masyarakat khususnya pembudidaya ikan agar bisa memanfaatkan sertifikasi itu dengan baik. Untuk penambahan modal usaha pihak Bank yang ada di Pasaman Barat ini tentunya sudah bisa mempertimbangkan pinjaman kepada petani untuk pengembangan usahanya,” kata Arial.

Semoga kedepan, pembudidaya ikan di Pasaman Barat ini lebih sukses dan makmur dalam meningkatkan perekonomian.

“Kita bangga apabila petani pembudididaya ikan itu berhasil, karena dengan keberhasilan mereka juga sudah membuat keberhasilan Pasaman Barat,” sebutnya.

Selain pembudididaya ikan juga, Dinas Perikanan Pasaman Barat lagi aksisnya mempromosikan hasil perikanan laut seperti di Nagari Air Bangis, Jorong Sikilang, Jorong Sikabau dan Nagari Sasak serta Nagari Katiagan.

“Ada 10 Koperasi Serba Usaha (KSU) yang selalu dibina untuk kesejahteraannya. Seperti KSU Setia Kawan, KSU Empat Saiyo, KSU Hiu Karang dan KSU Teluk Indah berada di Nagari Air Bangis,” terangnya.

Selain itu juga, ada KSU Berkat Yakin Bersama dan KSU Harapan Maju Keluarga di Jorong Sikilang serta KSU Sinar Laut, KSU Teluk Samudera, KSU Riak Gelombang Saiyo dan KSU Mitra Pasisie Mandiri berada di Nagari Sasak.

Baca Juga :  Sapma Pemuda Pancasila Pasaman Barat Sambangi Panti Asuhan

“Dari semua KSU itu sudah menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dalam pengembangannya. Kedepan semua KSU itu harus sejahtera dan sukses dalam berkoperasi,” harap Arial. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Tags: , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close