Pemkab Pasbar Butuh Investor Tambak Udang Vaname

Pemkab Pasbar Butuh Investor Tambak Udang Vaname
Kadis Perikanan Pasbar, Arial Efendi.
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman Barat, Arial Efendi, berharap ada investor yang tertarik berinvestasi dibidang usaha pembudidayaan Udang Vaname di Pigogah, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat.

Dijelaskan Arial Efendi, sebagai bahan pertimbangan, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Perikanan Pasaman Barat sudah melakukan Detail Engineering Design (DED) pada tahun 2015 lalu.

“DED yang dilakukan itu berada dikawasan Pigogah, Nagari Air Bangis yang luasnya lebih kurang 400 hektar. Ini salah satu kawasan yang sangat menjanjikan bagi para investor nantinya,” terang Arial Efendi, Senin (20/8/2018) diruang kerjanya.

Dikawasan lebih kurang 400 Hektar itu kata Arial Efendi, sangat cocok untuk budi daya dan pembesaran udang Vaname, karena kondisi geografis dan alamnya cukup baik untuk pertumbuhan udang tersebut.

“Para investor nantinya tidak akan kecewa dalam budi daya udang Vaname dikawasan ini. Karena, selain lokasinya sangat bagus, lokasinya juga tidak jauh dari pelabuhan Teluk Tapang yang sedang dilakukan pekerjaan pembangunan infratruktur jalan saat ini,” lebih dijelaskan Arial Efendi.

Menurut Arial Efendi, budi daya udang Vaname saat ini menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan, karena masa panen lebih cepat sekitar 50 sampai 60 hari saja.

“Udang vaname atau “litopenaeus vannamei” merupakan salah satu jenis udang introduksi yang akhir-akhir ini banyak diminati. Karena, memiliki keunggulan seperti, tahan penyakit, pertumbuhannya cepat, dan lainnya,” tuturnya.

Dalam hal ini kata Arial Efendi, berbagai upaya untuk mencari investor agar mereka mau mengembangkan udang tersebut sudah ada dilakukan disaat acara di Jakarta. Itu sudah pernah juga dipaparkan terkait lahan yang tersedia.

“Kita akan berusaha memberikan kemudahan kepada investor agar mereka mau melakukan investasi di Pasaman Barat ini,” kata Arial.

Dengan cara ini, target pengembangan budi daya udang Vaname akan terwujud sehingga menambah pendapatan bagi masyarakat sekitar. (Red)




Bagikan:
Topik: , ,
Loading...