Pemkab Pasbar Susun DED Destinasi Wisata Air Terjun Puti Lenggo Geni

Pemkab Pasbar Susun DED Destinasi Wisata Air Terjun Puti Lenggo Geni
Bagikan:

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Pasaman Barat, laksanakan penyususnan Detail Enggenering Desain (DED) untuk pembangunan Destinasi Wisata Puti Lenggo Geni di wilayah Nagari Persiapan Pinagar, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar).

“Destinasi Wisata Air Terjun Puti Lenggo Geni itu, berlokasi di dekat Bukit Harimau Campo. Sekarang sedang dilaksanakan DED untuk pembangunan Sarana dan Prasarana (Sarpras),” kata Kepala Bidang Destinasi Wisata melalui Kepala Seksi Pengembangan dan Penataan Destinasi, Riki Jaya Bakti, Rabu (23/8/2017) dikantornya.

Menurut Riki, pengembangan Destinasi Wisata Air Terjun Puti Lenggo Geni itu, sangat cocok untuk dijadikan ikon wisata Pasaman Barat. Karena, lokasinya berada tidak jauh dari pusat Ibukota Pasaman Barat.
“Dari Bundaran Simpang Empat, Pasaman Barat hanya menghabiskan waktu 2 Jam untuk sampai di lokasi. Dengan rincian 1 Jam untuk sampai ke lokasi parkir, terus berjalan kaki sambil menyisiri sungai sambil menikmati keindahan alam sepanjang perjalanan selama 1 jam, barulah tiba di lokasi Air Terjun,” jelas Riki.

Disebutkan Riki, selama jalan kaki menyisiri sungai itu, tidak terasa sampai dilokasi Air Terjun. Karena, indahnya pemandangan alam sepanjang sungai Batang Karumia.

“Destinasi Wisata itu juga, berdekatan dengan Destinasi Bukit Harimau Campo yang merupakan pintu gerbang Gunung Talamau. Itu, sudah menjadi Icon khusus yang sudah terdaftar di Provinsi Sumatera Barat. Gunung Talamau juga termasuk Gunung terbersih se Indonesia dan teringgi di Sumatera Barat. Pokoknya, sekali mencoba, bakal ketagihan,” terangnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Pasaman Barat, H, Yulianyo, SH, pernah melakukan kunjungan wisata bersama rombongan OPD terkait ke Lokasi Destinasi Wisata Air Terjun puti Lenggo Geni mengatakan, sangat luar biasa indahnya Destinasi Wisata Air Terjun itu.

“Kita, akan kelola Obyek Wisata itu, agar menjadi Obyek Wisata andalan yang bisa menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pasaman Barat Kedepan,” sebut Yulianto.

Selain sebagai sumber PAD, nantinya juga akan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. “Masyarakat bisa berdagang dan bisa menjadi pengelola parkir diwilayah itu,” jelas Yulianyo. [Red]

Bagikan:
Tags: , , , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan