Pemkab Sijunjung Gali Sektor Pariwisata, Nagari Unggan Jadi Sentra Tenun | Redaksi Sumbar

Pemkab Sijunjung Gali Sektor Pariwisata, Nagari Unggan Jadi Sentra Tenun

Pemkab Sijunjung Gali Sektor Pariwisata, Nagari Unggan Jadi Sentra Tenun Dibaca : 468 Kali
Bagikan:

SIJUNJUNG, RedaksiSumbar.com – Kabupaten Sijunjung punya potensi pariwisata yang menakjubkan. Diantaranya pemandangan alam yang sangat indah. Sebut saja Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Kuatan yang masih perawan. Belakangan, Pemkab Sijunjung yang dinakodai duet Yuswir Arifin dan Arival Boy itu melirik wisata busana alias modeling. Salah satunya dengan menjadikan Nagari Unggan sebagai sentra produksi kain tenun.

Niat Pemkab Sijunjung untuk membangun sentra produksi kain tenun tidak main main. Masyarakat Nagari Unggan diberi pelatihan seputar pertenunan. Selain teknik menenun, juga diajarkan bagaimana mengelola benang  dan membuat motif tenun. Seperangkat alat tenun tradisional juga dipasok dari nagari yang berbatas langsung dengan Kabupaten Tanahdatar itu. Dengan teknologi pertenunan, diharapkan mereka bisa memproduksi kain tenun berkelas.

Atas upaya Pemkab Sijunjung, Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi memberikan bantuan berupa hibah 30 motif tenun yang sudah dipatenkan. Motif tenun tersebut akan menjadi panduan dalam mengembangkan produksi kain tenun Nagari Unggan, supaya bisa bersaing di pasaran, sekaligus mendorong pariwisata modeling di Kabupaten Sijunjung, Ranah Lansek Manih. Pemberian 30 motif tenun tersebut langsung diserahkan oleh Menristekdikti Muhammad Nasir kepada Bupati Sijunjung Yuswir Arifin di Padangpanjang. [Ari Ayek]

Bagikan:
Baca Juga :  ​Kado Ulang Tahun dari Sang Ayah
Tags: ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close