Pemkab Solok Selatan Berharap Usulan Pemekaran Nagari Segera Disetujui | Redaksi Sumbar

Pemkab Solok Selatan Berharap Usulan Pemekaran Nagari Segera Disetujui

Pemkab Solok Selatan Berharap Usulan Pemekaran Nagari Segera Disetujui
Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Solok Selatan, Basrial
Dibaca : 133 Kali
Bagikan:

SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat berharap usulan pemekaran nagari segera disetujui. Hal ini menyusul, telah dikeluarkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 01 Tahun 2017 tentang penataan desa.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan telah mempersiapkan 8 nagari untuk pemekaran tahun ini. 3 nagari telah diajukan pada tahun 2015 lalu dan dan 5 nagari diajukan pada tahun 2016.

Menyikapi Surat edaran gubernur tentang percepatan pelaksanaan penataan wilayah di Sumatera Barat. Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari, Basrial mengatakan, ditahun 2015 lalu, pihaknya telah mengusulkan 3 nagari untuk dimekarkan sebagai nagari persiapan dan hingga kini tinggal menunggu No registernya dari Pemerintah Provinsi Sumatra Barat.

“Mandeknya nomor registrasi keluar selama ini karena tersandung regulasi, sekarang menyusul dikeluarkan Permendagri No 01 Tahun 2017 ini, maka tidak ada alasan lagi. Sekarang kita tunggu saja Pemprov untuk mengeluarkannya lagi,” katanya.

Jika nomor register sudah dapat, sambung Basrial, maka sebagai nagari persiapan, pemerintah nagari dilakukan oleh pejabat sementara. Kemudian, terkait anggaran, dalam jangka waktu setahun atau paling lama tiga tahun masih menggunakan alokasi anggaran dari nagari induk.

“APB nagari masih bersumber dari nagari induk, sampai setelah dilahirkan Perda oleh DPRD Solok Selatan,” katanya.

Menurutnya, sejauh ini persyaratan penataan nagari sesuai UU nomor 06 tahun 2014 dan Permendagri nomor 01 tahun 2017 ke-delapan nagari yang diusulkan dalam penataan nagari tersebut telah memenuhi persyaratan.

“Delapan nagari ini sudah oke, syarat mutlak itu adalah jumlah penduduk/jumlah KK. Sementara delapan Nagari yang kita ajukan sudah memenuhi syarat 4.000 jiwa penduduk atau 800 KK,” kata dia.

Adapun lima nagari yang diajukan tahun ini adalah nagari Pakan Rabaa Selatan sebagai pemekaran nagari Pakan Rabaa. Nagari Pakan Rabaa Utara. Dua pemekaran nagari Pakan Rabaa Utara. Nagari Pekonina Alam Pauh Duo untuk pemekaran nagari Alam Pauh Duo. Nagari Balun pemekaran nagari Pakan Rabaa Tengah dan terakhir Nagari Batang Lolo sebagai pemekaran nagari Pakan Rabaa Tengah.

Baca Juga :  Pol PP Solok Selatan Siapkan Personel Pada HUT Pol PP Ke-67

Sementara, tiga nagari yang dalam proses menunggu register yang telah diajukan tahun 2015 lalu adalah nagari Lubuk Gadang Tenggara pemekaran dari nagari Lubuk gadang Timur. Nagari Lubuk Gadang Barat pemekaran Lubuk Gadang Selatan (LGS). Nagari Lubuk Gadang Barat Daya pemekaran nagari LGS. [Dicky]

Bagikan:
Tags: ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close