Pemkab Solok Selatan Fasilitasi Perusahaan Bentuk Forum CSR | Redaksi Sumbar

Pemkab Solok Selatan Fasilitasi Perusahaan Bentuk Forum CSR

Pemkab Solok Selatan Fasilitasi Perusahaan Bentuk Forum CSR
Illustrasi sumber Internet
Dibaca : 188 Kali
Bagikan:

SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat akan memfasilitasi perusahaan yang ada di daerah itu untuk membentuk forum Corporate Social Responsibility (CSR).

“Kita sifatnya hanya memfasilitasi pembentukannya sedangkan kepengurusannya merupakan perwakilan dari perusahaan agar peruntukan CSR lebih tepat sasaran,” kata Kepala Bidang Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aswizi.

Hal itu disampaikannya saat sosialisasi Perda Nomor 5 Tahun 2016 tentang penanaman modal dan Perda Nomor 6 tahun 2016 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan di Kabupaten Solok Selatan kepada perwakilan perusahaan serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat pada akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan, forum ini nantinya berfungsi menampung semua dana CSR dari perusahaan yang ada di Solok Selatan serta menyalurkannya pada masyarakat.

“Dengan adanya forum ini diharapkan dana CSR perusahaan bisa terkelola dengan baik serta bisa meningkatkan pembangunan dan perekonomian masyarakat,” kata dia.

Asisten II bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Solok Selatan Epli Rahmat mengatakan, sebetulnya perda ini sudah dirancang sejak lima tahun lalu dan baru 2016 dilahirkan sehingga perlu sosialisasi lebih sering lagi.

Dia mengatakan, sosialisasi sebaiknya bukan hanya bagi perusahaan dan OPD tetapi juga pada kelompok masyarakat sehingga mereka juga mengerti dengan CSR.

“Sebaiknya kelompok masyarakat juga diberikan sosialisasi ini supaya saat forum CSR terbentuk tidak ada protes terhadap penyalurannya karena sudah mengerti peruntukannya,” kata dia.

Sementara itu pembicara pada sosialisasi tersebut Said Alkudri mengatakan, dengan adanya CSR perusahaan seharusnya APBD Kabupaten bisa diarahkan ke lokasi lain karena pembangunan sekitar investasi bisa di atasi perusahaan.

“Lokasi disekitar investasi pembangunannya bisa di biayai melalui CSR sehingga APBD bisa diarahkan ke lokasi lain yang membutuhkan,” kata dia.

Baca Juga :  Lima Perwira Polres Solok Selatan Sertijab

Perwakilan dari Supreme Energy yang ikut sosialisasi Bujang Joan Datuak Panyalai mengatakan, forum CSR ini merupakan hal positif dan pihaknya mendukungnya.

“Dengan adanya forum CSR maka pengelolaannya satu pintu sehingga penggunaannya lebih tepat sasaran,” kata dia. [Humas]

Bagikan:
Tags: ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close