Pemko Bukittinggi Siap Bekali Catin Menjadi Keluarga Tangguh | Redaksi Sumbar

Pemko Bukittinggi Siap Bekali Catin Menjadi Keluarga Tangguh

Pemko Bukittinggi Siap Bekali Catin Menjadi Keluarga Tangguh Dibaca : 155 Kali
Bagikan:




BUKITTINGGI, RedaksiSumbar.com – Pemerintah kota Bukittinggi siap membekali Calon Pengantin (catin) yang akan membina rumah tangga dengan melakukan kerja sama dengan Kementerian Agama Kota Bukittinggi.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) kota Bukittinggi, Yessi Ramlan mengatakan melalui kerja sama ini Pemko siap membekali calon pengantin untuk mewujudkan Rumah Tangga Tangguh.

“Kita nantinya akan memberikan pembinaan dan pendampingan terhadap catin agar hal-hal kekerasan dalam rumah tangga tidak terjadi, baik itu secara mental maupun dari segi kesehatannya,” ujarnya.

Ia menyebutkan akan mempersiapkan perkawinan calon pengantin terencana secara lahir dan batin, tidak hanya memberikan nasihat perkawinan saja namun juga memberikan persiapan agar nantinya dalam membina rumah tangga tidak terjadinya kekerasan atau perceraian.

“Kita juga akan arahan bagaimana pengantin ini nantinya menjalankan rumah tangganya menjadi keluarga yang tangguh, jika perlu akan kita dorong untuk melakukan cek kehamilan rutin ke Posyandu,” terangnya.

Tentunya hal demikian akan terlaksana melalui kerja sama dengan Kementerian Agama kota Bukittinggi serta melakukan koordinasi dengan dasawisma di setiap kelurahan.

Di samping itu, TP-PKK Bukittinggi juga akan memberikan arahan kepada muda-mudi terkait pernikahan di usia dini.

“Kita juga akan berikan arahan dan dampingan kepada muda-mudi yang berencana menikah di usia dini, kita akan tekankan juga pada usia berapa menikah atau jika sudah matang dan terencana,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Bimas Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Zulfikar mengatakan siap mendampingi calon pengantin dalam pengarahan yang diberikan pemerintah kota.

“Selama ini peran yang kita berikan kepada calon pengantin jelang membina rumah tangga tidak jauh dari bagaimana menjadi keluarga yang sakinah mawadah dan warahmah, tidak hanya memenuhi kebutuhan bathin namun juga dari sisi keagamaan tetap kita tekanan, agar menjalankan sunah rasul tersebut sesuai ajaran terdahulu,” pungkasnya. [Debi Kurnia] 

Bagikan:
Baca Juga :  54 ASN Pemko Bukittinggi Diambil Sumpah dan Janjinya
Tags: , , , , , , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close