Pendistribusian Pupuk ke Mentawai Diawasi. Apa Alasannya?

Pendistribusian Pupuk ke Mentawai Diawasi. Apa Alasannya?
Penyaluran perdana pupuk bersubsidi ke Kabupaten Kepulauan Mentawai. (IST)
Bagikan:

PADANG, RedaksiSumbar.com – Guna mengantisipasi terjadinya tindakan penyelewengan oleh oknum spekulan seperti yang terjadi di Kabupaten Agam beberapa waktu lalu, PT Petrokimia Gresik akan mendistribusikan pupuk bersubsidi ke Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumbar.

Kepala Pusat Distribusi PT Petrokimia Gresik wilayah Sumbar, Riau, Jambi N Hielmi mengatakan bahwa pengiriman pupuk bersubsidi pertama kali dilakukan langsung oleh pihaknya untuk kelompok tani di Mentawai. Pupuk bersubsidi yang disalurkan perdana ke bumi Sikerei tersebut terdiri dari pupuk jenis ZA seberat 50 ton, SP-36 sebanyak 75 ton, Organik sebanyak 100 ton dan Phonska seberat 150 Ton.

“Pupuk yang akan kita distribusikan ke Mentawai sudah berada di Teluk Bayur Padang dan siap untuk diberangkatkan ke Mentawai. Pengiriman pupuk bersubsidi ini akan langsung kita awasi pengirimnya sampai ke gudang pengecer yang telah dibentuk di kepulauan tersebut,” ucapnya.

Baca juga : Terkait Penyelundupan Pupuk Bersubsidi, Kodim 0304/Agam Gandeng Ninik Mamak

Selain menghindari adanya permainan para pengecer pupuk di lapangan dalam pendistribusian, dirinya mengklaim bahwa pihaknya ingin mempertahankan Harga Eceran Tertinggi (HET), sehingga pengiriman perdana ke Mentawai ini tepat sasaran.

Pupuk bersubsidi yang dikirimkan ke daerah yang terkenal akan ombak laut yang tinggi tersebut dijadwalkan sampai di Tua Pejat pada Senin (13/11/2017) mendatang.

“Setelah kita serah terimakan kepada dinas terkait disana, maka akan didistribusikan lagi ke pulau Sipora Utara dan Selatan karena baru dua kawasan tersebut yang sudah memiliki Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), sebuah syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pendistribusian pupuk tersebut,” katanya.

Pengiriman pupuk bersubsidi ke Kabupaten Kepulauan Mentawai, sebutnya tidak menutup kemungkinan akan bertambah jika sudah memenuhi persyaratan RDKK yang diberikan oleh pihaknya. [Red]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan