Penemuan Granat Asap Gegerkan Warga Batu Gadang | Redaksi Sumbar

Penemuan Granat Asap Gegerkan Warga Batu Gadang

Penemuan Granat Asap Gegerkan Warga Batu Gadang
Warga Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat digegerkan dengan penemuan sebuah benda yang diduga mirip bom pada Sabtu (9/4/2017) malam. Foto: IST.
Dibaca : 163 Kali
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Warga Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat digegerkan dengan penemuan sebuah benda yang diduga mirip bom pada Sabtu (9/4/2017) malam.

“Saya yang curiga kemudian melaporkan kejadian ini ke petugas keamanan tambang milik PT Semen Padang ini Pak,” ujar warga yang menemukan benda asing tersebut, Bari Yusman (40).

Awalnya ia mengira itu hanyalah potongan besi tua yang berkarat dan tidak terpakai. Setelah ia perhatikan dengan seksama, benar saja benda tersebut adalah sebuah bahan peledak.

“Saya melihat sebuah potongan besi tua yang berada dalam selokan. Saya kemudian memberitahukan kejadian tersebut kepada Satpam setempat dan menghubungi pihak kepolisian,” ungkap pria paruh baya tersebut.

Tak lama berselang, jajaran Polsek Lubuk Kilangan yang terjun langsung ke lokasi penemuan benda yang diduga bom tersebut.

“Setelah kami mendatangi lokasi kejadian, kami langsung menghubungi pihak Sat Brimobda Polda Sumbar untuk mengamankan benda berbahaya tersebut. 30 menit berselang, tim penjinak bom (jibom) Polda Sumbar langsung menuju ke tempat penemuan granat untuk mensterilka dan mengamankan granat tersebut,” terang Kapolsek Lubuk Kilangan, Kompol Ediwarman.

Sementara itu, Panit Jibom Sat Brimobda Polda Sumbar, Iptu Soekarmono kepada Haluan menuturkan granat asap tersebut masih berstatus aktif dan siap meledak jika disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Jika tidak segera diamankan, granat tersebut bisa saja meledak bagi masyarakat yang tidak mengetahui bahwa benda tersebut bisa meledak dan memotong-motongnya, karena menganggap ini besi tua. Granat asap ini masih berstatus aktif saat kita lakukan pengecekan. Diduga benda tersebut merupakan bekas penjajahan oleh Belanda dulu,” ungkapnya.

Soekarmono meminta kepada masyarakat agar segera menghubungi pihak kepolisian jika menemukan benda aneh dan mencurigakan agar segera melaporkan kepada pihak yang berwajib.

Baca Juga :  Komunitas Motor Yang Penuh Prestasi

“Demi keamanan dan keselamatan, setiap masyarakat yang menemukan benda aneh dan mencurigakan wajib untuk segera melaporkan ini kepada pihak kepolisian. Saya sangat mengapresiasi warga yang sangat kooperatif dengan polisi terkait penemuan granat ini. Benda tersebut saat ini kita amankan terlebih dahulu di Polda Sumbar untuk dilakukan pemeriksaan dan pengecekan lebih lanjut,” tutupnya. [Regan Geovani]

 

Bagikan:
Tags: , , , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close